Home Hiburan Art Jakarta Resmi Dibuka, Erick Thohir: Saya Menteri Pecinta Seni

Art Jakarta Resmi Dibuka, Erick Thohir: Saya Menteri Pecinta Seni

Jakarta, Gatra.com - Menteri BUMN Erick Thohir hadir dalam pembukaan Art Jakarta yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (26/8).

Ia mengatakan, kehadirannya turut diundang oleh Tom Tandiyo selaku Fair Director ART Jakarta. "Dulu sebelum jadi Menteri BUMN, saya seorang kolektor seni. Saya sangat menyukai event-event seperti ini," ungkapnya.

Diketahui, pada akhir 2020 yang lalu, Art Jakarta menghadirkan Art Jakarta Virtual, sebuah pengalaman seni rupa di tengah kenyamanan dan keamanan suasana rumah.

Sedangkan pada April 2022, Art Jakarta memperkenalkan, Art Jakarta Gardens yang diselenggarakan di ruang terbuka Hutan Kota by Plataran, Jakarta, untuk mengangkat karya patung dan instalasi di lingkungan taman, serta tenda khusus yang ditempati 20 booth galeri seni terkemuka di Indonesia guna memamerkan karya-karya seniman mereka.

Menurutnya, acara seperti ini sangat berarti untuk masa depan bangsa bahwa percuma saja negara ini maju namun masyarakat lupa akan budaya dan karya seni lokal.

"Walau negara saat ini sedang dalam masa krisis yang berkepanjangan namun bukan berarti kita harus menyerah. Dengan acara ini pula kita membangkitkan semangat para seniman lewat karya-karya mereka," ujarnya.

Ia berharap acara kesenian seperti ART Jakarta ini harus terus berjalan karena pemerintah sendiri mendukung penuh hal-hal positif.

"Kalau tahun berikutnya ada lagi, kita mau kontribusi. Kita sudah buktikan pembangunan yang positif lewat gedung Sarinah dan ada juga TMII yang sedang masa perbaikan juga," katanya.

Menurut Erick, event sepeti ini perlu didukung ekosistem untuk dijaga oleh masyarakat. Masa depan lewat karya seni harus diapresiasi, apalagi sekarang masyakarat mulai menghadapi digital ekonomi seperti NFT.

"Suka tidak suka harus mulai adaptasi dan belajar untuk menghadapi hal tersebut," ucapnya.

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR