Home Sumbagteng Empat Mobil Patroli untuk Pelajar di Inhu dari Kopel Putih

Empat Mobil Patroli untuk Pelajar di Inhu dari Kopel Putih

Indragiri Hulu, Gatra.com- Polisi Lalu Lintas atau Polantas dari jajaran Polisi Resort Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, kini memiliki strategi unik untuk menekan angka kecelakaan dalam berlalu lintas (laka lantas) khususnya untuk anak di bawah umur. 

Pasalnya kini polisi kopel putih itu menyediakan empat unit mobil patroli untuk mengantar para pelajar di Kecamatan Rengat. Dimulai dari tingkat SD-SMP hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) yang di balut dengan program pelayanan terhadap masyarakat khususnya para pelajar yang diberi nama Mobil SIGAP (Mobil polantaS Inhu Gapai Pelajar).

Kapolres Inhu AKBP Alponso melalui Kasat Lantas Polres Inhu, AKP Rocky Junasmi kepada Gatra.com mengatakan, kini setiap paginya sekitar pukul 6.30 WIB para anggota lantas akan selalu standby di empat titik yang mana titik tadi menjadi perlintasan untuk keberangkatan para anak sekolah di sana.

"Nah, nantinya jika anak sekolah itu terlihat oleh petugas ingin berangkat sekolah maka kami langsung melakukan pengantaran kepada anak murid tersebut untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum kita tentunya," ujar AKP Rocky kepada Gatra.com, Jumat (26/8).

Selain itu lanjut Rocky, para petugas polisi kopel putih itu juga sembari melakukan patroli dan pemantauan arus lalulintas di kota Rengat setiap paginya, Program Mobil SIGAP ini , juga sekaligus memberikan pelayanan terhadap anak-anak sekolah yang membutuhkan angkutan menuju sekolahnya, dan sekaligus juga petugas memberi educes penting kepada setiap anak-anak yang menumpang.

"Tentunya program ini diharapkan dapat menekan laka lantas jumlah anak-anak dibawah umur menggunakan kendaraan bermotor yang beresiko kepada keselamatan jiwa dijalan raya," ucapnya.

Dalam Program Mobil SIGAP ini Sat Lantas Polres Indragiri Hulu menyediakan 4 unit kendaraan roda 4 patroli lalu lintas, yang beroperasi setiap hari sekolah mulai pukul 06.30 wib sampai 07.30 wib, dengan berbagai rute.

Sebagai informasi adapun titik yang menjadi lokasi penjemputan para siswa-siswi itu terletak di lokasi Polres Inhu - BRI Rengat - Masjid Raya Ar Rahman menuju SD 6, lalu Polres Inhu - STIE - Pos persahabatan - Kantor Pos - Kampung Dagang menuju SMP 1, SD 16, SD 18, SD 7, YPAIR, SD 4, AL KANZA, lalu pos persahabatn Lantas - RTH - simpang kancil - Danau Raja ( PGRI, SMP 2, SD 19, SMK 1, SMA 1) dan Polres Inhu - Simpang 5 - Simpang stadion Nara singa - simpang Bina karya - Tugu Lima ( SMP 4, SD 028, SMP IT, SD SMP BUDIS, SD 001, SMP IT KAHARAMAN, SMA 1 )

"Bagi para pelajar yang membutuhkan Angkutan menuju sekolah bisa atau dapat memberhentikan setiap Kendaraan Patroli Lalulintas dengan tanda lampu rotator menyala serta terdapat stiker Mobil SIGAP pada bagian depan Kendaraan. Kegiatan ini diberikan secara gratis kepada seluruh pelajar yg membutuhkan angkutan menuju sekolah sesuai dg route yg sdh ditentukan, atau dapat mendatangi Satlantas Polres Inhu," ungkapnya.