Home Pendidikan Kukuhkan 5 Orang, Kini UNP Miliki 78 Guru Besar

Kukuhkan 5 Orang, Kini UNP Miliki 78 Guru Besar

Padang, Gatra.com - Civitas akademika Universitas Negeri Padang (UNP) kembali mengukuhkan 5 Guru Besar, Sabtu (27/8), di Auditorium UNP. Dengan ini,  jumlah Guru Besar UNP bertambah menjadi 78 orang.

"Pengukuhan guru besar ini bukan sekadar formalitas tradisi akademik, tapi bermakna positif. Penguatan UNP menapaki PTN-BH [Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Berbadan Hukum]," kata Rektor UNP, Ganefri dalam sambutannya.

Menurut Ganefri, pengukuhan guru besar ini dinilai memberikan kontribusi untuk pencapaian Indikator Kinerja Utama UNP dan World Class University. Terutama dalam mempertahankan akreditasi UNP.

"Tentu memberi nilai tambah untuk mempertahankan akreditasi UNP sebagai perguruan tinggi unggul sejak awal 2022 ini," ujarnya.

Dari 5 guru besar yang baru dikukuhkan, salah satunya Prof.Dr. Fuji Astuti, M.Hum, Bidang Pendidikan Seni Tari Tradisi Minangkabau dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).

Lalu, Prof.Dr.Hasan Maksum, MT Bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dari Fakultas Teknik (FT), Prof.Dr. Tjung Hauw Sin, M.Pd.Kons Bidang Psikologi Pendidikan Olahraga dari Fakultas Ilmu Olahraga (FIK).

Kemudian, Prof.Dr. Rahadian Zainul, M.Si dalam Bidang Kimia, dan Prof.Dr. Ratnawulan, M.Si Bidang Fisika Material dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).

Selain itu, UNP juga melepas satu Guru Besar memasuki purnabakti, Prof.Dr. Nizwardi Jalinus, M.Ed, pernah dua periode Pembantu Dekan 1 FT, dan tiga periode Pembantu Rektor.

"Beliau pekerja keras, cinta akademis, dan sangat peduli dalam pertemanan. Saya kenal dekat dan lama dengan Pak Nizwardi Jalinus," ucap Ketua Majelis Wali Amanat UNP, Z Mawardi Effendi.