Home Nasional Ketum PAN Umumkan Usulan Nama Capres

Ketum PAN Umumkan Usulan Nama Capres

Jakarta, Gatra.com -Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengumumkan nama Calon Presiden (capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Partai Amanat Nasional (PAN) usai Rakernas, Sabtu (27/8), di Jakarta. 

"Partai Amanat Nasional akan menjemput kejayaannya pada 2024. PAN telah mengikuti 5 kali pemilihan umum (pemilu), bersiap-siap, berkonsetrasi penuh mengikuti pemilu 2024. InsyaAllah 2024 kemenangan ada di saudara-saudara," jelasnya.

Ia menuturkan, tujuan PAN seperti kesetaraan, keberlanjutan, termasuk kesejahteraan menjadi fokus utama pembenahan pada 2024.

"Dengan ini saya mengusulkan nama-nama calon pemimpin nasional sebagai berikut. Ini masih usulan, dan akan kita tentukan pada saatnya. Oleh karena kita punya koalisi, Koalisi Indonesia Bersatu. Dari sisi koalisi, Pertama, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. Kedua, Airlangga Hartanto dari Golkar. Ketiga, Ketua Umum P3, Suharso. Pimpinan dari PDI-P, Puan Maharani, ini dari partai politik," ujarnya.

Penyebutan nama Puan mendapat respon yang berbeda dari nama lainnya. Ketika lainnya disambut dengan tepukan, justru nama Puan disambut dengan erangan.

Selain itu, Zulkifli juga menyebutkan Erick Thohir sebagai calon yang diusung. Dari sisi kepala daerah, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, termasuk Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil serta Gubernur Jawa Timur, Khofifah. Nama-nama ini akan ditentukan pada waktunya, saat koalisi dan internal partai terus membahas dan menyusun strategi.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, turut menyampaikan sambutannya pada acara ini melalui video rekaman yang diputar sebelum pidato dari Zulkifli.

"Kita harus terus membangun infrastuktur di berbagai daerah, memperkuat ketahanan pangan, memulai hilirisasi, dan mengembangkan ekonomi hijau. Saat ini PAN resmi bergabung dengan pemerintah. Mari bersama-sama membangun Indonesia," ujar Jokowi.

Acara ini dihadiri hingga 7000 kader yang menyaksikan secara langsung di Istora Senayan. Saat ditemui sebelum pengumuman, Zulkifli juga mengatakan akan memberikan nama calon kepada Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), meskipun saat ini partai anggota KIB tidak ada yang hadir dalam Rakernas kali ini. Rakernas kali ini mengangkat tema "Birukan Langit Indonesia" dan sudah berlangsung sejak Jumat (27/8) lalu.

59