Home Nasional BMKG: Belum Ada Laporan Korban Jiwa Gempa di Mentawai M 6,4

BMKG: Belum Ada Laporan Korban Jiwa Gempa di Mentawai M 6,4

Jakarta, Gatra.com - Telah terjadi gempa bumi yang berkekuatan magnitudo 6.4 di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Senin (29/8).

Guncangan gempa bumi tersebut cukup kuat sekitar 3 sampai 5 detik dirasakan warga. Wilayah yang terdampak gempa bumi yakni Siberut Utara, Tuapejat, Painan, Padang, Padang Panjang, Bukittinggi,  Solok, dan Solok Selatan.

BNPB mengatakan tim Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah turun ke lapangan untuk monitoring, asesmen lapangan, serta berkoordinasi dengan pihak yang bersangkutan.

Pada hasil asesmen awal dilaporkan bahwa terdapat kerusakan ringan pada bangunan di Pulau Siberut, berupa retakan di dinding gedung dan saat ini belum ada laporan terkait korban jiwa.

Gempa bumi ini pertama kali dirasakan dengan magnitudo 5.2 pada pukul 00.04 WIB yang berpusat di 1.00 LS dan 98.58 BT pada kedalaman 14 kilometer. Guncangan tersebut sempat dirasakan kurang lebih 2-3 detik di Kecamatan Siberut Barat. Lalu, disusul gempa bumi berikutnya pada pukul 05.34 WIB yang berkekuatan magnitudo 5.9 berkekuatan magnitudo 5.9 berpusat di 1.04 LS dan 98.55 BT pada kedalaman 11 kilometer.

Adapun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau terutama kepada masyarakat untuk tidak panik, namun harus tetap waspada agar mengantisipasi adanya potensi gempa bumi susulan. Selain itu, warga diminta untuk memberikan informasi perihal perkembangan gempa bumi melalui instansi yang berkaitan seperti BMKG, BNPB, BPBD, serta sumber lain yang bisa dipertanggungjawabkan.

52