Home Ekonomi ADWI 2022 Bawa Sandiaga ke Bali: Undisan Jadi Salah Satu Desa Wisata Terbaik

ADWI 2022 Bawa Sandiaga ke Bali: Undisan Jadi Salah Satu Desa Wisata Terbaik

Bali, Gatra.com - Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 kali ini membawa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno ke Desa Undisan, Bangli, Bali. Kehadirannya disambut iring-iringan penampilan Gong hingga di depan Puri Karang.

Di Homestay Puri Karang ini, Sandi disuguhi Tari Panyembrame dari Sanggar Tari Catur Puspa Ranti. Produk-produk UMKM kriya andalan Desa Undisan seperti kerajinan bunga emas, anyaman, serta keris menghiasi ruangan itu.

Menurut Sandi, Desa Undisan merupakan salah satu desa wisata terbaik di Indonesia. Pariwisata di desa ini berbasis masyarakat, komunitas, adat, yang sangat dijunjung tinggi namun mengedepankan prinsip digitalisasi.

“Desa ini mampu menjadi inspirasi bagi desa wisata yang lain. Di sinilah merupakan kesempatan kita untuk kebangkitan ekonomi, kebangkitan sektor pariwisata,” kata Sandi dalam keterangan tertulisnya yang diterima pada Senin (29/8).

Ia juga menyebut bahwa Desa Undisan menjadi pemenang di masa pandemi. Pasalnya, desa wisata ini berhasil meningkatkan kunjungannya hingga 30% dalam masa pandemi.

“Di saat pariwisata mengalami kesulitan ternyata desa-desa wisata inilah pilihan utamanya. Karena konsep yang dijual adalah keseharian masyarakat desa di alam terbuka,” ucapnya.

Desa Undisan memiliki suasana alam yang asri dan sejuk, ditambah potensi alam berupa Air Terjun Tangkup. Sentuhan budaya masyarakat lokal yang unik dengan menerapkan community based tourism juga jadi satu nilai jual.

Desa ini juga memiliki destinasi wisata sejarah seperti Situs Arkelogi Arca Ganesha berada di Pura Puseh, Desa Adat Undisan Kelod. Kemudian ada pemandian Dedari yang biasa didatangi wisatawan untuk melakukan melukat atau prosesi penyucian diri khas Bali.

“Sektor pariwisata menyumbang pertumbuhan ekonomi nasional terbesar nomor dua. Kontribusi pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Bali sendiri tumbuh di atas 3%,” katanya.

Di pertengahan tahun ini, lanjut Sandi, Bali sudah bisa menjadi destinasi wisata terbaik di dunia. Oleh karena itu, ia berharap ke depannya akan mendapatkan semakin banyak kunjungan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

134