Home BUMN PLN UIP JBT dan Pemkab Kendal Resmikan Kawasan Wisata Daerah, Hutan Edukasi Susuh Umbul

PLN UIP JBT dan Pemkab Kendal Resmikan Kawasan Wisata Daerah, Hutan Edukasi Susuh Umbul

Kendal, Gatra.com - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) bersama Pemerintah Kabupaten Kendal meresmikan Kawasan Wisata Hutan Edukasi Susuh Umbul – Mbengkok yang berada di Desa Sidodadi, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Sabtu (27/8) lalu.

Wisata Hutan Edukasi ini menjadi kawasan wisata binaan PLN Peduli sejak tahun 2020 yang memanfaatkan potensi hutan sebagai sarana edukasi dan hiburan masyarakat daerah Sidodadi.

Melihat banyaknya potensi obyek wisata di Kabupaten Kendal, PLN UIP JBT melalui program PLN Peduli turut mengambil peran dalam menggali dan mengembangkan potensi wisata yang menjadi mimpi masyarakat Desa Sidodadi, yaitu membuat Wisata Hutan Edukasi.

Sejak tahun 2020 hingga 2022, PLN Peduli bersama Bumdes Dadi Rejo dan pemerintah Desa Sidodadi mengembangkan wilayah hutan mbengkok seluas 10 hektar yang dilakukan secara bertahap, mulai dari perataan lahan sebagai area bumi perkemahan, pembangunan joglo, hingga penambahan daya listrik, fasilitas edukasi serta area bermain anak untuk semakin meningkatkan daya tarik wisata.

Dalam acara seremonial peresmian Wisata Hutan Edukasi Susuh Umbul – Mbengkok Sabtu lalu, Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP JBT, Agus Djauhari menyampaikan bahwa program pengembangan hutan wisata ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya PLN untuk mewujudkan 2 pilar pembangunan berkelanjutan yaitu pembangunan ekonomi dan lingkungan serta nilai Budaya AKHLAK BUMN, khususnya pada pilar Amanah dan Kolaboratif.

"Kami berusaha untuk menjalankan amanah dari perusahaan dengan turut mengembangkan potensi wisata daerah yang berada di sekitar wilayah kerja PLN UIP JBT melalui kolaborasi dengan Desa Sidodadi dan Bumdes Dadi Rejo sehingga dapat menjadi sumber penghasilan baru untuk desa dan masyarakat sekitar,” ujar Agus.

Kini, hutan Mbengkok telah menjadi kawasan Wisata Edukasi bernama Susuh Umbul - Mbengkok yang banyak dikunjungi masyarakat. Kawasan wisata ini tidak hanya dikunjungi untuk area bermain anak-anak, namun juga untuk berbagai kegiatan lainnya seperti rapat instansi dan kegiatan berkemah anak sekolah.

Adapun fasilitas yang tersedia diantaranya pendopo pertemuan, jogging track, jalur berkuda, area bumi perkemahan, area bermain anak, area edukasi kelistrikan, spot foto, taman cahaya, fasilitas sepeda dan skuter listrik, serta jalur olahraga gledekan.

Peresmian Wisata Hutan Edukasi Susuh Umbul – Mbengkok turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kendal, Yanuar Fatoni, Jajaran Muspika Patean, Kepala Desa Sidodadi, Sukoco, Direktur dan anggota Bumdes Dadi Rejo, Manager PLN UPP JBT 4, Dede Mairizal beserta tim PLN Peduli.

Pembagian hadiah bagi para peserta yang hadir. (Dok. PLN)

Acara ini diselenggarakan bertepatan dengan pembukaan kegiatan Festival Gledekan Nusantara Season 3 yang menjadi event tahunan permainan tradisional gledekan di Desa Sidodadi.

"Kami berterimakasih kepada PLN Peduli yang telah mewujudkan wisata hutan edukasi di Desa Sidodadi. Pastinya kami pemerintah Kabupaten Kendal sangat mendukung kegiatan ini, karena hal ini sesuai dengan visi misi Bupati Kendal yaitu untuk mewujudkan Kendal handal, unggul, makmur dan berkeadilan dengan 4 program prioritasnya yaitu industri, pariwisata, UMKM dan pembangunan SDM atau Generasi 4.0,” ungkap Yanuar.

Selain pengembangan kawasan wisata hutan, dalam acara tersebut PLN juga turut menghadirkan kelompok UMKM Pengolahan Kopi “Bagor Mas” yang menjadi mitra binaan TJSL PLN Peduli dari Desa Kalibogor, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Kendal.

Produk andalan UMKM Bagor Mas ialah olahan biji kopi robusta dan excelsa yang dikemas dalam ukuran besar maupun ukuran sachet sehingga menjadi lebih mudah untuk dikonsumsi.

Jika ditilik lebih lanjut, Kabupaten Kendal memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. Melalui program bantuan pengembangan wisata hutan edukasi dan pembinaan UMKM dari PLN Peduli, PLN UIP JBT berharap roda perekonomian masyarakat dan daerah di Kabupaten Kendal dapat semakin meningkat serta dapat dimanfaatkan dan dijaga agar menjadi sarana pemberdayaan dan edukasi yang baik bagi masyarakat setempat.