Home Politik Terkuak! Suharso Saat Jadi Plt dan Disuruh Mundur Oleh Majelis yang Sama

Terkuak! Suharso Saat Jadi Plt dan Disuruh Mundur Oleh Majelis yang Sama

Jakarta, Gatra.com - Politisi senior PPP, Rusli Effendi menerangkan jika dahulu Suharso Monoarfa menjadi pelaksana tugas (plt) Ketum PPP atas penunjukan dari Majelis Syariah yang kala itu dijabat oleh KH Maimoen Zubair. Sekarang, usai polemik 'amplop kiai', Suharso disuruh mundur oleh tiga majelis sekaligus, termasuk Majelis Syariah.

"Suharso dulu kan sewaktu ditunjuk jadi Plt itu kan atas fatwa Majelis Syariah. Padahal seharusnya waktu itu yang naik harusnya wakil ketua umum seperti pak Mardiono atau yang lain, tapi tidak memenuhi syarat waktu itu, karena ada perintah dari Mbah Maimoen waktu itu, semua menghormati," beber Rusli melalui sambungan telepon, Selasa (30/8/2022).

Untuk itu, ia meminta kepada Suharso, melalui majelis yang sama, ia diminta mundur dengan secara hormat. Rusli menyampaikan jika sudah sepantasnya Suharso untuk mematuhi hal itu.

Di samping itu, meruncingnya persoalan Suharso ini bisa saja mengakibatkan suara PPP merosot saat 2024 mendatang. "Justru kisruh ini dibuat sendiri oleh Suharso, tingkahnya dia, persoalan pribadi. Coba deh sepanjang sejarah PPP, ada gak yang didemo 12 kali di depan (kantor) DPP?" tuturnya.

"Makanya enggak bisa dipertahankan Suharso ini, kebijakan misalnya salah, Muswil yang jadi ketua siapa yang ditunjuk siapa, persoalan gratifikasi, itu soal hukum, rumah tangga juga, ini semua persoalan dia bikin sendiri. Dia gak bisa begitu, dia ini kan pejabat publik, ketua umum partai, terakhir malah menghina kiai, ini kan artinya ada di diri Suharso segala persoalan itu," bebernya lagi.

108