Home Regional Jenderal Dudung : Dalam Tugas Pengamanan Perbatasan Prajurit Harus Berkolaborasi Dengan Masyarakat

Jenderal Dudung : Dalam Tugas Pengamanan Perbatasan Prajurit Harus Berkolaborasi Dengan Masyarakat

Belu, Gatra.com -  Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M menegaskan tugas operasi perbatasan, tidak terlalu berat. Tugas ini menantang prajurit untuk bisa berinteraksi dengan masyarakat terutama untuk menjaga perbatasan dengan negara Timor Leste.

"Banyak tugas-tugas yang sudah dilakukan oleh satuan-satuan sebelumnya. Antaranya sudah berhasil mengumpulkan senjata dari masyarakat yang mungkin saat ini semakin berkurang. Karena itu pesan saya kalian harus baik-baik dengan rakyat,” kata Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M saat melaksanakan Pemeriksaan Kesiapan Operasi (Riksiapops) Satgas Yonif Raider Khusus 744/SYB ke wilayah Kodam IX/Udayana yang bertempat di Markas Komando Yonif Raider Khusus 744/SYB di Kabupaten Belu, NTT, Selasa (30/08/2022).

Menuurut Jenderal Dudung daerah NTT ini cukup sulit. Karena itu berharap Batalyon yang diberi jaga menjaga perbatasan harus berkolaborasi dengan pemerintah setempat terutama untuk kesejahteraan masyarakat.

“Saya minta Danyon lapor ke Danrem. Selanjutnya Danrem lapor ke Mabes AD. Setelah ada laporan dari Mabes AD akan kirim material untuk pengeboran air pada sejumlah titik sesuai permintaan. Pengeboran air karena air ini sangat bermanfaat di Daerah timur ini. Itu pesan-pesan saya kepada kalian. Dengan demikian kehadiran kalian itu dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Belu ini ,” tegas Jenderal TNI Dr. Dudung.

Lebih lanjut Jenderal Dudung minta para prajurit untuk terus bergandengan tangan bersama pemerintah dan masyarakat ikut membangun daeraah diperbatasan ini.

“Saya minta dalam melaksanakan tugas harus senantiasa berbuat baik dengan masyarakat, harus menjaga nama baik Batalyon organik 744/SYB. Tahun 1988 s/d 1994 saya pernah ada di Batalyon 744/SYB ini, Batalyon ini bersejarah bagi saya, dulu tugas operasi benar-benar mencari musuh kalau sekarang cukup ringan, manfaatkan tugas ini tapi jangan lengah karena kalian ada senjata dan jangan lengah juga kepada masyarakat, jangan bertindak kasar kepada masyarakat", tandasnya.

Dalam kunjungannya, KASAD didampingi oleh Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman, Aslog Kasad Mayjen TNI Saiful Rachiman, Asrena Kasad Mayjen TNI Kasuri, Aslog Kasad Mayjen TNI Saiful Rachiman, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Iman Budiman, S.E., Aster Kasdam IX/ Udayana Kolonel Inf Puji Hartono, Waasops Kasdam IX/ Udayana Letkol Inf Wiji Untoro dan Danyonif RK 744/SYB Letkol Inf Yudhi Yahya, S.H.

Selesai rangkaian kegiatan, rombongan KASAD menuju ke tempat peresmian Kapela, Tugu Jam, Peletakan Batu Pertama pembangunan Kolam Renang Yonif RK 744/SYB dan dilanjutkan menuju Kikav KKA.

154