Home Teknologi Optimalkan Perangkat untuk Video Editing

Optimalkan Perangkat untuk Video Editing

Jakarta, Gatra.com-  Saat ini, semakin banyak ruang untuk berkarya dalam dunia digital. Perkembangan teknologi pun menjadi lebih cepat. Software video editing yang dulu sangat eksklusif kini sudah semakin bisa diakses oleh siapapun.

Tentunya melalui perangkat yang memadai untuk video editor.  Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi sebuah laptop agar dapat menjadi perangkat yang optimal untuk video editing, mulai dari kualitas layar hingga spesifikasi hardware-nya.

Syarat pertama mengenai performa dan spesifikasi. Aplikasi kreatif seperti video editor membutuhkan spesifikasi laptop lebih tinggi dibandingkan aplikasi harian dan kantoran. Agar dapat berjalan tanpa hambatan, laptop khusus untuk video editing wajib menggunakan prosesor seri high performance seperti Intel Core H Series atau AMD Ryzen H Series.

Kedua, kemampuan reproduksi warna layar yang harus tinggi. Sebagian besar layar laptop menggunakan color gamut sRGB sebagai standar. Namun khusus untuk video editor, layar laptop yang digunakan sebaiknya sesuai dengan standar yang digunakan industri film saat ini yaitu DCI-P3.

Ketiga, reproduksi warna harus akurat. Agar layar laptop dapat mereproduksi warna secara akurat, dibutuhkan kalibrasi menggunakan alat khusus. Keempat, layar wajib mendukung fitur visual modern. Layar laptop khusus untuk video editing perlu memiliki fitur HDR dan response time yang cepat, minimal 3ms.

Kelima, konektivitas laptop harus mumpuni, dengan port yang lengkap seperti HDMI, USB Type-A, dan USB Type C.

ASUS Vivobook Pro dan Vivobook Pro X sudah memenuhi semua syarat. Keduanya memiliki varian yang dibekali chip grafis NVDIA GeForce RTX dan GTX dengan dukungan NVIDIA Studio Driver khusus untuk menunjang aplikasi video editing, serta didukung oleh penyimpanan berupa PCIe SSD berkecepatan tinggi.

Selain itu, telah dibekali dengan layar ASUS OLED, yaitu teknologi layar laptop terbaik saat ini. Laptop yang menggunakan layar ASUS OLED dipastikan memiliki color gamut 100% DCI-P3, tersertifikasi PANTONE Validated Display, serta mendukung fitur HDR dengan sertifikasi VESA DisplayHDR 500 True Black.

Tidak hanya itu, layar ASUS OLED juga memiliki response time hanya 0,2ms yang jauh lebih kencang dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya, serta dilengkapi fitur EyeCare bersertifikasi TÜV Rheinland untuk menjaga kesehatan mata penggunanya.

Khusus untuk seri Vivobook Pro X, ASUS menghadirkan fitur eksklusif bernama ASUS DialPad. Fitur tersebut memungkinkan kontrol yang lebih intuitif saat menggunakan aplikasi kreatif dan ASUS telah memberikan preset fungsi khusus untuk empat aplikasi yang paling banyak digunakan di bidang kreatif. Dua di antaranya adalah Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effect yang sangat populer di kalangan video editor.

ASUS DialPad terintegrasi dengan touchpad dan sangat mudah untuk diaktifkan. Laptop ASUS Vivobook Pro dengan layar ASUS OLED telah tersedia dan dibanderol dengan harga mulai dari Rp11 jutaan.Klik tautan berikut untuk mempelajari ASUS OLED: https://bit.ly/ASUSOLED0622