Home Teknologi Keren! Begini Cara Tunanetra Menikmati Keindahan Gambar Ikonik Jepretan James Webb Space Telescope

Keren! Begini Cara Tunanetra Menikmati Keindahan Gambar Ikonik Jepretan James Webb Space Telescope

Baltimore, Gatra.com- Gambar ikonik James Webb Space Telescope berubah menjadi musik. Sonifikasi data memungkinkan penggemar ruang angkasa dengan gangguan penglihatan untuk menikmati keindahan alam semesta. Demikian Space.com, 01/09.

Gambar menakjubkan dari nebula jauh yang ditangkap Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA yang memukau dunia pada Juli telah diubah menjadi musik melalui teknik yang disebut sonifikasi data.

Tiga sonifikasi gambar dari rilis data Teleskop Luar Angkasa James Webb pertama kini telah tersedia untuk umum. Sonifikasi didasarkan pada gambar ikonik "Tebing Kosmik di Nebula Carina" dan foto Nebula Cincin Selatan, keduanya merupakan bagian dari rilis data Webb pertama pada 13 Juli.

Sonifikasi ketiga berdasarkan spektrum atmosfer planet ekstrasurya pertama Webb , planet raksasa gas panas WASP-96 b.

Masing-masing karya musik yang unik berbeda. Dinding debu kemerahan yang menakjubkan di Nebula Carina membuat ledakan kosmik yang menyenangkan, sedangkan Nebula Cincin Selatan menghasilkan lebih banyak pengalaman mendengarkan seperti musik film horor.

Sonifikasi menerjemahkan data menjadi suara berdasarkan parameter yang telah ditentukan. Misalnya, setiap bintang di dua nebula menghasilkan suara yang berbeda berdasarkan, misalnya, ukuran, kecerahan, dan usianya.

Sonifikasi adalah cara NASA untuk membuat ilmu Teleskop Luar Angkasa James Webb dapat diakses oleh penggemar tunanetra sebagai bagian dari proyek Universe of Learning.

"Komposisi-komposisi ini memberikan cara berbeda untuk mengalami informasi terperinci dalam data pertama Webb," kata Quyen Hart, seorang ilmuwan pendidikan senior dan penjangkauan di Institut Sains Teleskop Luar Angkasa di Baltimore, Maryland.

"Mirip dengan bagaimana deskripsi tertulis adalah terjemahan unik dari gambar visual, sonifikasi juga menerjemahkan gambar visual dengan menyandikan informasi, seperti warna, kecerahan, lokasi bintang atau tanda penyerapan air, sebagai suara," tambahnya.

Tim ilmuwan dan musisi didukung anggota komunitas tunanetra, mengerjakan sonifikasi untuk memungkinkan pendengar membedakan fitur utama dari setiap gambar.

NASA sebelumnya telah membuat sonifikasi gambar dari observatorium sinar-X Chandra dan berharap Webb akan memiliki daya tarik serupa.

"Musik menyentuh pusat emosi kita," kata Matt Russo, seorang musisi dan profesor fisika di University of Toronto, yang berkolaborasi dalam proyek ini.

"Tujuan kami adalah membuat gambar dan data Webb dapat dipahami melalui suara — membantu pendengar menciptakan gambar-gambar mental mereka sendiri," tambahnya.