Home Nasional Kunjungi Tambang Grasberg Freeport, Erick Thohir: Ini Kunjungan Bersejarah!

Kunjungi Tambang Grasberg Freeport, Erick Thohir: Ini Kunjungan Bersejarah!

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan perdana ke tambang Grasberg yang dikelola PT Freeport Indonesia, Kamis (1/9). Seperti diketahui, tambang tersebut kini mayoritas telah menjadi milik Indonesia dan tergabung dalam BUMN Mind Id.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan bahwa kunjungan Presiden Jokowi merupakan hal yang bersejarah. Karena Jokowi adalah Presiden pertama Indonesia yang sukses mengakuisisi saham mayoritas milik tambang emas terbesar itu.

"Kunjungan ini bersejarah dan secara simbolis menunjukkan komitmen pemerintah untuk mengelola sumber daya alamnya sendiri untuk kepentingan seluruh masyarakat," ujar Erick lewat keterangan tertulisnya, Kamis (1/9).

Di Grasberg, rombongan Presiden berkeliling dan masuk ke dalam pertambangan Freeport serta menyaksikan pemaparan sejarah PT Freeport Indonesia. Rombongan pun disambut oleh Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas dan salah satu komisarisnya, Richard Adkerson.

Diakui Tony, dalam kunjungannya Presiden cukup antusias menanyakan status penambangan kepada manajemen Freeport. Misalnya saja Presiden sempat bertanya, apakah benar tidak ada lagi penambangan di Ertsberg dan Grasberg.

Tony menjelaskan bahwa Grasberg adalah tambang kedua, sedangkan tambang pertama adalah Ertsberg. “Sudah tidak ada penambangan 100 persen di Ertsberg dan Grasberg. Sekarang sedang reklamasi dan kita memaintain kestabilan lerengnya,” jawab Tony.

3128