Home Hiburan Dyland Pros Ungkap Perbedaan Gamer Pro dan Hardcore Gamer, Apa saja Bedanya?

Dyland Pros Ungkap Perbedaan Gamer Pro dan Hardcore Gamer, Apa saja Bedanya?

Jakarta, Gatra.com – Seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, dunia gim seakan menemukan tempat di masyarakat. Cuan yang menggiurkan diperoleh pemain gim profesional kala memenangkan sebuah kompetisi, nyatanya mampu mengubah paradigma gim yang beberapa dekade lalu masih dinilai sebagai distraksi fokus pendidikan atau pekerjaan.

Dalam dunia gim masa kini, dikenal istilah gamer profesional (gamer pro) dan juga pemain gim garis keras (hardcore gamer). Rupanya keduanya tak sama dan memiliki makna yang berbeda. Setidaknya, itulah yang diungkapkan oleh pemain gim (gamer) populer masa kini yang digandrungi pecinta gim lainnya, yaitu Dyland Maximus Zidane. Pemain gim yang akrab disapa Dyland Pros tersebut kerap membagikan konten gim melalui akun YouTube-nya. Hingga saat ini, ia sudah memiliki sejumlah 15,5 juta pelanggan (subscriber).

Bagaimana soal perbedaan antara gamer pro dengan hardcore gamer? Menurut Dyland, gamer pro biasanya hanya akan fokus pada satu gim tertentu saja. Sementara hardcore gamer bisa bermain banyak jenis gim. “Kalau pro-player itu dia lebih fokus ke satu gim aja. Dia tekunin di situ sampai karantina berjam-jam, berhari-hari, tapi dia nggak menikmati gimnya sebenernya. Dia menikmati untuk bisa jago di gim itu. Berambisi untuk bisa menang,” ujar Dyland Pros kepada Gatra.com beberapa waktu lalu.

Sedangkan, Pria asal Jakarta ini mengakui berbagai aktivitas permainan gim yang selama ia lakukan lebih condong pada pengelompokan sebagai hardcore gamer. Semua gim dirinya geluti. PAradigmanya hanya sekedar untuk mencari kesenangan, bukan untuk berkompertisi.

“Kalau aku [hardcore gamer] main semua gim. Aku komplitin semua game bisa dibilang. Lebih ke have fun. Aku lebih ke menikmati gimnya sambil ngobrol sama temen-temen,” imbuh pemain gim yang juga punya hobi mengulik otomotif itu.

Dengan perbedaan itu, pemain gim yang biasa mengikuti ajang kompetisi di bermacam level biasanya adalah gamer pro. Sementara hardcore gamer seperti Dyland jarang ikut kompetisi gim. “Pernah [ikut kompetisi], tapi aku nggak tekunin ke situ karena beda passion,” ujarnya.

Seperti pantauan Gatra.com melalui kanal YouTube Dyland, ia memainkan banyak gim video. Beberapa di antaranya adalah Stumble, Free Fire, Clash Squad, hingga PES. Namun, ia mengaku paling menyukai gim Monster Hunter. Nama Dyland saat ini terbilang menjadi salah satu top of mind pemain gim populer masa kini yang digandrungi pecinta gim lainnya. Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Ia tak pernah absen mengunggah konten gim di kanal YouTube-nya. Ia mengunggah konten video minimal sehari sekali.

Memulai kanal YouTube sejak 2015, Dyland memang fokus pada konten gim. Namun, makin hari, ia juga makin rajin mengunggah jenis konten lainnya. Konten lain yang juga ikut menghiasi kanal YouTube-nya adalah konten otomotif walau gim masih menjadi fokus utama.

“Ada selain game. Kontennya lebih ke apa yang aku ingin kasih tahu dan apa yang aku suka. Misalnya aku lebih suka otomotif, aku kasih tahu. Tapi memang masih dominasi konten gim. Tapi kalau bosen gim, ada konten lain. Itu karena awalnya bikin YouTube ini tujuannya supaya orang tahu kehidupan aku sehari-hari,” ucap Dyland.