Home Gaya Hidup Bikin Merinding, Ribuan Kutu Beranak Pinak di Kepala Siswi Ini

Bikin Merinding, Ribuan Kutu Beranak Pinak di Kepala Siswi Ini

Karanganyar, Gatra.com- Video guru membabat habis kutu rambut di kepala seorang siswi SDN 01 Sewurejo Mojogedang Karanganyar, Jateng beredar viral di media sosial. Ribuan serangga parasit itu rontok dan berserakan saat rambut siswi di pangkas.

Video berdurasi 3 menit 8 detik itu diunggah guru sekolah itu bernama Zera Ayu Fatmawati di akun Tiktok @zeraazzahra pada Rabu (31/8).

Ditemui di tempatnya mengajar, Jumat (2/9) Zera mengaku tak menyangka unggahannya itu memantik reaksi luar biasa para netizen. Banyak yang menyanjung dedikasi Zera bagi muridnya berinisial T. Komentar-komentar menyebut Zera sosok guru ideal saat ini, yang tak hanya mencerdaskan anak bangsa tapi juga memperhatikan kesehatannya.

"Awalnya kegiatan sekolah seperti biasa. Terus T garuk-garuk kepala. Kelihatannya sangat tidak nyaman. Kemudian saya tanya kenapa. Kepalanya ada apa kok gatal-gatal?" kata Zera.

Bukannya menjawab, T hanya terus menggaruk. Jawaban justru dilontarkan teman sekelas yang duduk di belakangnya. "Itu ada hitam-hitam di kepalanya," kata Zahra menirukan muridnya.

Saat membantu membersihkan, Zera menyaksikan rontokan kotoran dari rambut makin beterbaran. Lalu ia membuka jilbab T.

"Malah kutu-kutunya kelihatan. Kaget, saya beritahu guru-guru lain. Kami bersama membersihkan," katanya.

Setelah persiapan selesai, para guru menyisir sambil merontokkan kutu. Rambut-rambutnya yang kusut juga dipotong untuk memudahkan membabat serangga parasit.

Para guru sempat memecah-mecah kapur barus yang sudah dibeli hingga menjadi serbuk.

Serbuk kapur barus tersebut kemudian dioleskan ke kepala murid tersebut sebelum akhirnya rambut disisir perlahan. "Setelah itu, murid tersebut kami minta untuk langsung pulang dan sudah kasih obat kutu," ujar dia.

Para guru kemudian mengecek kembali kondisi si murid sehari setelahnya. Zera mengatakan kondisi kepala murid itu sudah membaik.