Home Mikro Menkop Apresiasi Kolaborasi Sumsel dan Jabar Perkuat UMKM

Menkop Apresiasi Kolaborasi Sumsel dan Jabar Perkuat UMKM

Bandung, Gatra.com- Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki mengapresiasi kepada dua Provinsi, yaitu Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jawa Barat yang terus mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menampilkan produk  dari masing-masing kedua provinsi tersebut pada puncak  hari UMKM Nasional. 
 
"Saya memberikan apresiasi kepada Gubernur Sumselat dan Jabar, kegiatan ini menjadi ajang bagi UMKM dalam mempromosikan prodaknya," kata Teten dikutip dari keterangan persnya, Jumat (2/9).

Antara dua provinsi tersebut juga telah melakukan perjanjinan kerja sama dalam rangka menguatkan perdagangan antar provinsi. "Kerjasama perdagangan yang dilakukan antar dua provinsi ini penting dalam upaya mendorong dan menguatkan belanja prodak UMKM," ungkap dia.
 
Gubernur Sumsel, Herman Deru mengaku bangga karena Sumsel mendapat kehormatan menampilkan produk UMKM dia pada Hari Nasional (Harnas) UMKM. "Kami bersemangat dengan pak Ridwan Kamil bersepakat untuk melakukan hubungan dagang tukar-menukar komoditas melalui penandantanganan perjanjian kerjasama," terangnya.
 
Herman Deru berharap agar Harnas UMKM 2023 dapat di gelar di Sumsel sehingga ada kesimbangan. "Tadi kita sepakat Jabar dan Sumsel berkolaborasi, kita harap Harnas UMKM dan Hari Koperasi itu kita satukan dan kami siap menjadi tuan rumah," ujarnya.
 
Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan bahwa perjanjian kerja sama dengan Sumsel sebagai upaya meningkatkan dan mengangkat produk UMKM tanpa harus impor. "Dunia sedang tidak baik-baik, agar kita tidak terjebak tentu kita perlu kerja sama ini," katanya. 
 
Pria yang karib disapa Emil ini berharap kerja sama ini dapat saling meningkatkan produk dan menguatkan sektor perdangan. "Jadi kalau Sumsel butuh apa barangnya ada di Jabar nanti kita suplai, sebaliknya juga jika Jabar butuh apa Sumsel ada maka Sumsel akan suplai," katanya.