Home Gaya Hidup Mbah Sastro Surip, Lelaki Perkasa dengan Lima Istri, Umurnya 117 Tahun

Mbah Sastro Surip, Lelaki Perkasa dengan Lima Istri, Umurnya 117 Tahun

Blora, Gatra.com- Memiliki umur panjang jadi harapan semua orang. Apalagi bisa mencapai ratusan tahun. Hal itu yang dialami Mbah Sastro Surip warga Desa Plantungan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Lelaki yang hidup sendiri itu kini usianya sudah mencapi 103 tahun. Sesuai KTP Mbah Sastro Surip tertulis kelahiran 1919. Meski sudah sangat sepuh, namun Mbah Sastro Surip masih bisa menghidupi dirinya sendiri. Ia masih bisa beraktifitas di kebun dengan menanam singkong.

"Kesibukannya ya tanam singkong, cabe, di samping dan depan rumah. Terus kadang masak sendiri, kadang dikirim sama anak dan kerabat," jelas Mbah Sastro Surip dengan logat jawanya.

Terkait tips bisa sehat dan berumur panjang, Mbah Sastro Surip mengaku bahwa hidup jangan terlalu berambisi dan senantiasa ingat Sang Pencipta.

"Ya saya ini, yang dipikirkan cuma makan dan kegiatan sebisanya. Juga kadang-kadang kita harus senantiasa mengingat siapa yang menciptakan Bulan dan Matahari. Terus kalau mau selamet ketika keluar rumah, jangan lupa kaki kiri terlebih dahulu," ungkapnya.

Seperti kebanyakan orang jaman dulu, Mbah Sastro Surip juga mengaku memiliki banyak istri. Namun saat ini tinggal 1 yang masih hidup. Dari pernikahan itu, ia mengaku tidak memiliki anak. "Istri saya 5. Tinggal satu yang masih hidup. Tinggal bersama anak keponakan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Plantungan Endang Susana menjelaskan bahwa kemungkinan usia Mbah Sastro Surip lebih tua dari yang tertulis di KTP.

"Di KTP Mbah Sastro tertulis kelahiran tahun 1919. Tapi biasanya data orang zaman dulu kan kadang dikarang untuk mempermudah pendataan. Kemungkinan usia sesungguhnya lebih dari itu," terangnya, Ahad (4/9).

Endang mengaku keyakinan itu berasal dari kisah yang didapatnya, di mana Mbah Sastro Surip kemungkinan berusia sekitar 117 tahun.

"Tahun 1916 saat Waduk Tempuran dibuat, Mbah Sastro mengaku sudah melakukan aktivitas sebagaimana remaja umumnya saat itu. Jadi perkiraan saya untuk usia sebenarnya ya, dari KTP ditambah lagi sekitar 14 atau 15 tahun," imbuhnya.

Endang pun cukup kagum dengan kondisi Mbah Sastro Surip yang cukup sehat di usianya yang sudah senja. "Mbah Sastro Surip itu belum pikun. Masih bisa mendengar, bercerita, melihat dengan jelas, dan melakukan aktifitas sendiri disekeliling rumah," ujarnya.