Home Kesehatan 5 Manfaat Glycolic Acid untuk Kulit Wajah

5 Manfaat Glycolic Acid untuk Kulit Wajah

Jakarta, Gatra.com - Ketika memilih produk perawatan kulit wajah, banyak sekali orang yang memperhatikan kandungannya. Salah satu kandungan pada produk perawatan kulit yang dipercaya ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah adalah glycolic acid.

Sebenarnya, seperti apakah senyawa yang satu ini, apa sajakah manfaatnya? Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak bersama pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Glycolic Acid?

Merangkum keterangan dari pickybest.id, glycolic acid adalah sejenis alpha-hydroxy acid (atau AHA) yang berasal dari tebu.

Senyawa ini bergabung dengan asam lain, seperti asam laktat, asam tartarat, dan asam sitrat menjadi senyawa kecil dan paling sederhana dalam struktur.

Glycolic acid banyak dipilih sebagai kandungan produk perawatan kulit karena sifatnya yang mudah untuk menembus kulit dan menjadi sangat efektif,.

5 Manfaat Glycolic Acid untuk Kulit Wajah

1. Mengatasi penuaan dini

Manfaat dari glycolic acid untuk kulit wajah yang pertama adalah untuk mengatasi penuaan dini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung glycolic acid secara teratur dapat merangsang produksi kolagen dan elastin pada kulit.

Kolagen dan elastin sangat berperan dalam mencegah penuaan dini dengan membuat kulit lebih halus dan kencang. Selain itu, kolagen dan elastin juga dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus pada wajah, sehingga wajah akan nampak lebih muda.

2. Mencerahkan kulit kusam

Manfaat dari glycolic acid untuk kulit wajah yang kedua adalah mencerahkan kulit kusam. Kulit wajah yang kusam adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang.

Sebenarnya masalah kulit kusam disebabkan oleh beberapa faktor, seperti paparan sinar matahari, sel kulit mati, polusi, hingga kulit kering.

Untuk mengatasi maslah kulit wajah kusam, glycolic acid bisa menjadi pilihan yang tepat karena senyawa ini terbukti mampu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah, sehingga wajah akan terlihat lebih bersih dan cerah. Biasanya, glycolic acid disertakan pada sabun pemutih wajah, pelembap, ataupun serum.

3. Mengecilkan pori-pori

Manfaat dari glycolic acid selanjutnya adalah mengecilkan pori-pori wajah. Seperti yang kita ketahui, pori-pori yang besar dapat menimbulkan beberapa masalah bagi kulit wajah, seperti timbulnya jerawat dan minyak berlebih.

Hal ini terjadi karena glycolic acid dapat berperan dalam mengecilkan dan membersihkan pori-pori yang berisiko menjadi tempat penumpukan minyak, sisa make-up, dan debu kotoran.

Semakin kecil dan sedikit pori-pori di wajah, maka kulit wajah akan terhindar dari jerawat dan komedo.

4. Memudarkan bekas jerawat

Ketika jerawat mulai hilang, terkadang hal ini bisa menimbulkan bekas jerawat pada wajah. Bekas jerawat memang cukup mengganggu penampilan, dan sering menjadi masalah yang dialami oleh banyak orang.

Namun Anda sudah tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada solusi dari bekas jerawat yang membandel, yaitu dengan menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung glycolic acid. Hal ini terjadi karena glycolic acid terbukti mampu membersihkan sel kulit mati sekaligus merangsang percepatan regenerasi sel kulit sehingga dapat memudarkan bekas jerawat.

5. Menghaluskan kulit wajah

Secara umum, ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit wajah menjadi kasar, mulai dari paparan sinar UV matahari, penggunaan produk perawatan yang tidak cocok, hingga penumpukan sel kulit mati.

Oleh karena itu, glycolic acid bisa dijadikan solusi kulit wajah yang kasar karena senyawa ini mampu melembapkan dan menghidrasi kulit, serta mengembalikan keremajaan kulit wajah sehingga kulit wajah semakin terasa halus.

Penutup

Demikianlah tadi telah kami rangkum penjelasan lengkap mengenai manfaat glycolic acid untuk kulit wajah. Dari penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa senyawa glycolic acid banyak dipilih sebagai salah satu kandungan dalam berbagai produk perawatan kulit karena menghadirkan banyak manfaat.

Oleh karena itu apabila Anda memiliki masalah kulit dan menginginkan kulit yang lebih halus, cerah, dan sehat, maka pilihlah produk perawatan wajah terpercaya yang mengandung glycolic acid.