Home Regional Pemkot Jambi Targetkan Puluhan Ribu Penghapal Al-Quran Tingkat Pelajar

Pemkot Jambi Targetkan Puluhan Ribu Penghapal Al-Quran Tingkat Pelajar

Jambi, Gatra.com - Wali Kota Jambi, Syarif Fasha menutup Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke 1 dan Musabaqoh Tilawatil  Quran (MTQ) ke 3 Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi 2022.

Ketua Penyelenggara Ahmad arifinsyah, mengatakan ini merupakan STQ perdana yang menampilkan qiroat murottal remaja dan dewasa.

"Untuk memeriahkan STQ dan MTQ ini juga menampilkan beberapa cabang lomba di antaranya lomba azan, dai cilik umur 6-18 tahun, tahfiz quran, lomba hadroh, dan Rebana," katanya, Selasa (6/9).

Juara umum STQ ke 1 dan MTQ ke 3 se kecamatan Alam Barajo disabet Kelurahan Mayang Mangurai.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan Pemerintah Kota Jambi mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih pada panitia, Kecamatan Alam Barajo, para Lurah, RT dan semua pihak yang mendukung pelaksanaan MTQ dan STQ ini.

Pemkot Jambi sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk menjaring para qori dan qoriah yang nanti akan bertanding kembali ditingkat kota Jambi.

"Mudah-mudahan para pemenang bisa menjadi pemenang MTQ tingkat kota Jambi Insya Allah, kepada pemenang kami ucapkan selamat dan pesan kami jangan cepat puas jangan cepat berbangga, berlatihlah terus, karena dalam beberapa Minggu kedepan akan dilaksanakan MTQ tingkat Kecamatan Kota Jambi di Kecamatan Jambi Timur di akhir November," jelas Fasha.

Dia juga mengatakan pada masa akhir jabatan Fasha-Maulana menargetkan mewisuda 10.000 hafiz dan hafizah tingkat SD dan SMP di sekolah-sekolah Pemerintah.

"Kemarin kami baru saja mau wisuda lebih kurang 1.800 berarti sudah sekitar 5.800 penghafal Al-Qur'an yang diwisuda, akhir tahun ini kami mewisuda lagi di angka 2000-an artinya di tahun ini harus tercapai 7.000-8.000 lebih penghafal Al-Qur'an sehingga target 10.000 akan tercapai diakhir masa jabatan," bebernya.

Sementara itu, penyelenggaraan kegiatan STQ ke 1 dan MTQ ke 3 Kecamatan Alam Barajo ini mendapat apresiasi dari Ketua Komisi IV DPRD Kota Jambi H Jefrizen, ia mengapresiasi panitia pelaksana yang telah menggelar kegiatan ini dengan suasana yang luar biasa.

"Ini menunjukkan kecintaan masyarakat khususnya terhadap membaca Alquran sangat tinggi untuk itu ke depan kegiatan yang seperti ini akan kami support pelaksanaannya dari DPRD Kota Jambi," ujarnya.

Ke depan, tuan rumah selanjutnya perhelatan akbar ini Kelurahan Bagan Pete.

"Dengan kegiatan ini kami harap akan tumbuh dan makin banyak Qori Dan Qoriah khususnya di Kecamatan Alam Barajo yang dapat mewakili kota Jambi pada ajang-ajang serupa. Pelaksanaan kegiatan ini juga membawa manfaat bagi UMKM di lingkungan sekitarnya dan ini menambah paling tidak pendapatan penghasilan lingkungan sekitar," ucapnya. 

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jambi Yuliana Fasha, Kementerian Agama Kota Jambi, Jefrizen Ketua Komisi 4 DPRD Kota Jambi, Anggota Komisi 1 Anti Yosefa, Anggota DPRD Kota Jambi Muslim dan Suherman, Camat Alam Barajo, Lurah se kecamatan Alam Barajo, dan Ketua RT se Kecamatan Alam Barajo.