Home Gaya Hidup Jakarta Film Week 2022, Ada Tempat Belajar Bagi Calon Produser

Jakarta Film Week 2022, Ada Tempat Belajar Bagi Calon Produser

Jakarta, Gatra.com - Di tahun kedua penyelenggaraannya, festival yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Film Week, menyuguhkan  program baru, yaitu Producer’s Lab. Program ini hadir untuk membidani lahirnya produser-produser muda yang siap berkompetisi secara lokal dan internasional.

Berkolaborasi dengan Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia, program Producer’s Lab diharap menjadi wadah mengeksplorasi kemampuan para produser muda tentang manajemen produksi, pendanaan film, hingga distribusi di ranah ekosistem lokal dan internasional. Mengingat kebutuhan industri dan produksi semakin tinggi, dan kompetitif seiring dengan semakin banyaknya cerita yang menarik dan talenta yang semakin terampil.

“Dalam sebuah produksi film tak lepas dari peran besar seorang produser yang kadang dilupakan kehadirannya. Dengan adanya program baru Producer’s Lab di Jakarta Film Week 2022, diharapkan industri film di Indonesia semakin berkembang dengan mantap dengan hadirnya produser-produser baru yang siap bertarung di kanca internasional,” ungkap Festival Director Jakarta Film Week 2022, Rina Damayanti. 

Didampingi oleh mentor produser yang berpengalaman di berbagai produksi dan ko-produksi internasional, diharapkan partisipan bisa lebih matang mempersiapkan proyek film panjangnya. Dengan harapan, film-film yang dihasilkan memiliki daya saing tinggi di berbagai forum pendanaan maupun dapat berproses bersama sutradara atau tim produksi lainnya.

Mereka yang bisa mendaftarkan diri mengikuti Producer’s Lab adalah mereka para produser berkewarganegaraan Indonesia, yang sudah pernah membuat setidaknya 2 film pendek, produser yang sedang mempersiapkan film panjang fiksi, dan dapat mengikuti seluruh kegiatan secara luring.

Jika telah memenuhi persyaratan, calon peserta sudah bisa mendaftarkan diri mulai Senin, 29 Agustus 2022 hingga 15 September 2022, melalui website Jakarta Film Week.