Home Olahraga Chelsea Pecat Thomas Tuchel, Hanya Bertahan 350 Hari dengan 100 Pertandingan

Chelsea Pecat Thomas Tuchel, Hanya Bertahan 350 Hari dengan 100 Pertandingan

London, Gatra.com – Chelsea akhirnya memecat Thomas Tuchel dari kursi pelatih tim. Pengumuman itu disampaikan dalam laman resmi klub, Rabu (7/9).

“Chelsea Football Club hari ini telah berpisah dengan Pelatih Kepala Thomas Tuchel. Atas nama semua orang di Chelsea FC, klub ingin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Thomas dan stafnya atas semua upaya mereka selama mereka bersama klub,” tulis pengumuman tersebut.

Baca Juga:

Inter versus Munchen, Dua Pelatih Sama-sama Berani Sesumbar

Pemecatan Tuchel ini hanya beberapa jam usai Chelsea kalah dari Dinamo Zagreb dalam laga perdana fase Grup E Liga Champions. Dalam laga itu, Chelsea kalah dengan skor 1-0 lewat gol dari Mislav Orsic.

Tercatat, Tuchel menjadi arsitek Chelsea selama 350 hari. Dalam rentang waktu tersebut, pelatih asal Jerman ini memimpin timnya di 100 pertandingan. Laga melawan Zagreb adalah tepat dia mencapai angka 100 memimpin Chelsea.

Klub juga menyatakan, Tuchel berhak mendapat tempat dalam sejarah Chelsea setelah memenangkan Liga Champions, Piala Super, dan Piala Dunia Antarklub pada saat membesut The Blues.

Versi Chelsea, ketika grup kepemilikan baru mencapai 100 hari sejak mengambil alih klub, dan karena terus bekerja keras untuk membawa klub maju, pemilik baru percaya ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan transisi ini.

Baca Juga:

Chelsea Langsung Tumbang, AC Milan Imbang

“Staf pelatih Chelsea akan bertanggung jawab atas tim untuk pelatihan dan persiapan pertandingan mendatang kami saat Klub bergerak cepat untuk menunjuk pelatih kepala baru,” tulis lagi di pengumuman itu.

Pada tahun 2018 Tuchel melatih tim asal Prancis Paris Saint-Germain (PSG), Tuchel berhasil memenangkan 2 gelar Liga Prancis, termasuk meraih domestic quadruple pada musim kedua dan berhasil mencapai final Liga Champions yang pertama untuk PSG.

Namun, pada tahun 2020 Tuchel dipecat dan diangkat sebagai kepala pelatih Chelsea pada tahun 2021. Bersama Chelsea dalam jangka waktu setengah musim, dia berhasil meraih gelar juara Liga Champions UEFA, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga:

Rafael Nadal Terjungkal, Gagal Menjauh dari Djokovic

Sebelum kompetisi, Chelsea sangat aktif mendatangkan pemain baru. Chelsea disebut telah mengeluarkan dana sebesar 278 juta poundsterling atau sekira Rp4,7 triliun.

Angka itu menjadi yang tertinggi di Liga Inggris. Sejumlah pemain yang disatangkan, antara lain Raheem Sterling (Man City), Kalidou Koulibaly (Napoli), Omari Hutchinson (Arsenal), Gabriel Slonina (Chicago Fire).

Adapula, Carney Chukwuemeka (Aston Villa), Marc Cucurella (Brighton), Cesare Casadei (Inter), Wesley Fofana (Leicester), Denis Zakaria (Juventus), dan Pierre-Emerick Aubameyang dari Barcelona.

Wesley Fofana menjadi pemain termahal yang didatangkan Chelsea dengan mahar 75 juta poundsterling atau sekira Rp1,2 triliun. Lalu, Marc Cucurella sebesa 55 juta poundsterling atau sekira Rp942 miliar.

139