Home Internasional Deputi Administrator USAID Berkunjung ke Indonesia, Hadiri Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20

Deputi Administrator USAID Berkunjung ke Indonesia, Hadiri Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20

Jakarta, Gatra.com – Deputi Administrator Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) Isobel Coleman direncanakan melakukan perjalanan ke Indonesia guna menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung pada 8-10 September 2022.

Dalam kunjungan tersebut, Isobel Coleman akan bertemu dengan perwakilan Pemerintah Indonesia, masyarakat sipil, serta para mitra USAID di Jakarta. Di pertemuan G20, Deputi Isobel akan meneguhkan kembali komitmen Amerika Serikat (AS) untuk bekerja bersama negara-negara ekonomi utama untuk mencapai kepentingan bersama, termasuk memajukan Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Deputi Administrator akan mengetengahkan pentingnya dukungan untuk negara-negara dalam membangun ketangguhan yang menahan dampak perubahan iklim dan krisis lainnya, mendukung lembaga multilateral untuk menggerakan tindakan kolektif yang dapat mengatasi tantangan global, serta meningkatkan pembiayaan campuran (blended finance) untuk program pembangunan.

Melalui Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20, Coleman menggalang peningkatan dukungan internasional bagi perjuangan Ukraina, mempertahankan kedaulatan dan masa depan demokrasi serta meminta pertanggungjawaban Rusia karena memulai perang yang tidak beralasan dan tidak adil.

Setelah pertemuan G20, Deputi Administrator Coleman akan mengunjungi Jakarta untuk bertemu para pemimpin dan pejabat Pemerintah Indonesia serta menekankan kembali kemitraan jangka panjang AS dengan pemerintah dan rakyat Indonesia sekaligus menekankan komitmen berkelanjutan AS untuk wilayah Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Coleman juga dijadwalkan bertemu dengan Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN untuk menegaskan komitmen AS dalam memperluas keterlibatan dengan ASEAN, terutama di bidang energi terbarukan dan pembangunan digital, serta menggarisbawahi pentingnya kedua bidang tersebut.

Selanjutnya, Deputi Administrator juga akan bertemu dengan jurnalis dan pegiat hak asasi manusia (HAM) Indonesia untuk membahas bagaimana pemerintah AS dapat terus mendukung kebebasan pers serta kelompok yang rentan serta terpinggirkan. Ia juga akan bertemu dengan pemimpin perempuan yang bergerak di pertanian berkelanjutan untuk membahas kontribusi USAID dalam agroforestri dan produksi kopi berkelanjutan.

Terakhir, Deputi Administrator akan melakukan pertemuan dengan para perwakilan sektor swasta yang bekerja di sektor logistik, perjalanan wisata, pertanian, lingkungan hidup, dan transportasi untuk membahas digitalisasi Indonesia, dan bagaimana USAID bisa bermitra dengan sektor swasta Indonesia untuk mendukung dan mempercepat pembangunan di Indonesia.