Home Olahraga Puncak Perayaan Haornas di Balikpapan

Puncak Perayaan Haornas di Balikpapan

Jakarta, Gatra.com - Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September. Tahun ini, puncak perayaan Haornas ke-39 dilakukan di Stadion Batakan, Balikpapan, Jumat (9/9).

Ketua penyelenggara Haornas, Rahmad Mas'ud, menyebutkan bahwa pelaksanaan tahun ini bisa dilakukan secara langsung setelah sebelumnya tidak ada perayaan langsung akibat pandemi Covid-19. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah "Bersama Cetak Juara".

"Tema tahun ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kesatuan dan persatuan serta partisipasi masyarakat yang tertuang dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON)," jelasnya, Jumat (9/9).

Pada puncak acara ini, pembukaan dilakukan dengan penampilan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) yang melibatkan hingga 8000 siswa di Balikpapan. Selain itu, acara ini telah dimulai dengan serangkaian kompetisi berbagai cabang olahraga diantaranya e-sport, Panahan Tradisional Open, Ketapel Open, voli duduk, serta tenis meja.

Pada Haornas ke-39 ini, dilangsungkan pemilihan duta olahraga yang dilakukan secara terstruktur untuk meningkatkan budaya olahraga bagi masyarakat Indonesia.

"Untuk pertama kalinya, Indonesia melaksanakan pemilihan duta olahraga yang pesertanya berasal dari olahragawan," katanya.

Pemberian penghargaan secara simbolis juga akan dilakukan di malam puncak perayaan. Beberapa kategorinya meliputi Olahragawan Berprestasi, Purna Olahragawan Berprestasi, Pelatih Olahraga Berprestasi, serta Pelaku Usaha Peduli Olahraga Berprestasi.