Home Info Kementrian Kemenag Gelar Simposium Khazanah Pemikiran Santri dan Kajian Pesantren

Kemenag Gelar Simposium Khazanah Pemikiran Santri dan Kajian Pesantren

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama, berencana kembali menggelar Simposium Khazanah Pemikiran Santri dan Kajian Pesantren atau Al-Multaqo ad-Dawliy lil-Bahts ‘an Afkar at-Thullab wa-Dirasat Pesantren (Mu'tamad) tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Santri 2022.

Direktur PD-Pontren Prof. Dr. Waryono Abdul Ghofur mengharapkan pelaksanaan Mu'amad  tahun 2022 dapat lebih baik.  “Persiapan Mutamad dilakukan secara komprehensif  tidak hanya meliputi penyelenggaraan yang meriah, tetapi juga dapat mengukur pengaruh kegiatan Mutamad yang saya kira belum berkontribusi maksimal dalam peningkatan keilmuan atau pengetahuan dan dinamika sosial," katanya di Jakarta (8/9/2022)

Waryono mengungkapkan,  Tema Mu'tamad  dibuat dalam 3  bahasa  yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Arab agar bisa dikonsumsi publik internasional. "Selain itu, yang tidak kalah penting, dalam call for paper perlu mendengar isu-isu yang belum sejalan dengan isu utama negara, mengkompetisikan ide-ide brilian pada acara Mu'tamad dan diadakannya bedah tokoh pada acara Mu'tamad,” ujar Guru Besar pada bidang ilmu Tafsir.

Kepala Subdit PDMA Nurul Huda, mengapresiasi paparan dari tim pelaksana mengenai persiapan dan konsep pelaksanaan Mu'tamad 2022.  “Kami berharap tim dapat bekerja maksimal, mulai Call For Paper hingga pelaksanaan Mu'tamad yang direncanakan dilaksanakan pada pertengahan Oktober 2022 yang berdekatan dengan puncak pelaksanaan Hari Santri tahun 2022," kata Nurul

Selanjutnya, hasil prosiding berupa rekapitulasi naskah yang merupakan tulisan konsepsional atau hasil penelitian dari salah satu sub-tema Mu'tamad Tahun 2022 disyiarkan kepada masyarakat agar bisa dirasakan manfaatnya. Nurul berharap Mu'tamad 2022 berlangsung sukses. ***