Home Regional Ngamuk Atas Klaim Komnas HAM Temui Panglima OPM, TPNPB: Mereka Menjaring Angin

Ngamuk Atas Klaim Komnas HAM Temui Panglima OPM, TPNPB: Mereka Menjaring Angin

Jayapura, Gatra.com- Klaim Ketua Komnas HAM RI, Taufan Damanik telah bertemu dengan Panglima Organisasi Papua Merdeka (OPM) membikin kelompok yang menamakan diri Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM) uring-uringan. "Itu tidak benar!" sergah Sebby Sambom, juru bicara TPNPB-OPM, 11/09. "Ini hanya pencitraan," tambahnya.

Merurut Sebby, Komnas HAM RI belum ketemu Pimpinan TPNPB-OPM yang memiliki 34 Komando Daerah Pertahanan di Papua, Jenderal Goliath Naaman Tabuni dan Major Jenderal Lekagak Telenggen. Menurutnya,  Komnas HAM RI hanya bertemu dengan agen TNI/Polri. "Kami memiliki bukti-bukti yang kuat bahwa kelompok yang klaim diri sebagai Panglima OPM, Demianus Magai Yogi, adalah agen TNI/Polri," katanya.

"Dalam hal ini kami terus-terang saja bahwa kelompok Demianus Magai Yogi adalah kaki tangan TNI /Polri, bukan Pimpinan TPNPB. Kami tidak mengakui kelompok Demianus Magai Yogi dan mereka itu kelompok binaan TNI polri di Paniai," tambahnya.

"Kelompok Demianus Magai Yogi itu kelompok Benny Wenda yang bikin militer tandingan di kubu TPNPB-OPM, kami tidak akui mereka," katanya. Sebby pun memberikan foto-foto Demianus Magai Yogi bersama aparat TNI.

"Dan Komnas HAM sudah pertemu kelompok Demianus berarti itu menjaring angin, karena TPNPB murnih yang punya basis dan eksis perang mereka belum ketemu," ungkapnya.

"Oleh karena itu pernyataan KOMNAS HAM RI ini kami tolak, karena mereka tidak pernah ketemu TPNPB-OPM di Komando Nasioal dibawah Pimpinan Gen Goliath Tabuni dan Mayor General Lekagak Telenggen," tutupnya.

Meskipun kelompok Demianus dituding sebagai bentukan TNI/Polri, namun ada juga kombatan TPNPB-OPM yang bergabung. Seperti, Wakil Panglima TPNPB KODAP VIII Intan Jaya, Sabinus Waker dan Komandan Operasi Kodap VIII Intan Jaya, Gusby Waker.

“Wakil Panglima Sabinus Waker serta Komandan Operasi Kodap VIII Intan Jaya, Gusby Waker telah tinggalkan tanggungjawab,” kata Sebby Sambom. Menurut Sebby keduanya bergabung ke West Papua Army (WPA) di bawah Komando Demianus Magai Yogi.