Home Gaya Hidup Pentas Budaya, Musik, dan Olahraga di Atas Awan, Keseruan Plataran Bromo Xtravaganza Tak Terlupakan

Pentas Budaya, Musik, dan Olahraga di Atas Awan, Keseruan Plataran Bromo Xtravaganza Tak Terlupakan

Pasuruan, Gatracom - Plataran Bromo Xtravaganza, kembali hadir dengan mengusung gelaran pentas budaya, musik, dan olahraga yang diselenggarakan di Plataran Bromo pada hari Sabtu-Minggu (10-11/9).

Mengusung tema “Music, Sports, and Climate”, puncak acara tersebut mempersembahkan Live Concert di atas awan ‘Dari Bromo untuk Nusantara’ di Putri Dewi Amphitheater yang menampilkan dua artis legendaris Trie Utami dan Syaharani yang membawakan sederet tembang kenangan dengan aransemen yang moderen.

Pertunjukan ini digelar di atas bukit dengan pemandangan Gunung Arjuna yang megah, menciptakan nuansa pertunjukan like no other.

Acara Plataran Bromo Xtravaganza adalah pengalaman ikonik menikmati konser, olahraga, alam dan budaya di atas awan yang hanya terdapat di Plataran Bromo.

"Menciptakan suatu ekosistem dengan upaya kolaborasi dengan Pemda, dan UMKM setempat, juga merupakan upaya kami menggelar acara hiburan sembari menonjolkan potensi artis-artis muda di Jawa Timur, agar semakin maju dan mendapatkan kesempatan yang sama seperti para senior mereka di industri musik Indonesia," ujar Yozua Makes selaku CEO & Founder Plataran Indonesia, melalui keterangan tertulis yang diterima Senin (12/9).

Selain pengisi acara dari Putri Dewi Amphittheater terdapat barisan artis milenial dari Surabaya, Malang, dan Jakarta yang juga menghibur para pengunjung yang datang. Suasana malam yang dingin khas pegunungan dengan cuaca sedikit gerimis tak menghalangi keseruan acara.

Yozua juga menambahkan, seperti semua acara Plataran lainnya yang dekat dengan masyarakat dan komunitas lokal, acara Plataran Bromo Xtravaganza ini juga menjunjung tinggi program Plataran for the People.

Lewat Plataran UMKM Ekosistem, event ini juga menyajikan serangkaian sajian yang bahan bakunya diproduksi dan dipanen langsung dari kebun masyarakat sekitar lewat sebuah festival kuliner, beragam macam dagangan dan pernak pernik kerajinan hasil UMKM Kabupaten Pasuruan.

Acara ini juga dilaksanakan bersamaan dengan Bromo Marathon pada Minggu (11/9). Garis Start dan Finish berada di Plataran Bromo sebagai Official Race Venue.

Bromo Marathon sendiri merupakan event lari tahunan di Tosari, Kabupaten Pasuruan, yang kali ke delapan digelar tiap tahunnya. Terkecuali dua tahun pandemi Covid-19.

Adapun rute dan jalur marathon tahun ini cukup menantang dan menyajikan pemandangan menakjubkan yang menjadi ciri khas kawasan sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Tahun ini, gelaran Bromo Marathon menargetkan lebih dari 2.000 orang pelari dari 20 negara dan 7.500 penonton.

Bagi wisatawan yang tidak ingin berpartisipasi dalam kegiatan Bromo Marathon, Plataran juga menggelar Plataran Fun Trail. Adalah fun and easy walk dengan rute 2KM dan 4KM sambil menikmati perjalanan alam, menghirup angin segar, sambil dikelilingi pemandangan panorama di atas awan.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengharapkan agar gelaran Bromo Marathon Tosari Pasuruan bisa jadi ikon atau simbol dari kegiatan event berskala internasional di Jawa Timur.

Emil mengatakan, Bromo Marathon Tosari Pasuruan terbukti memberikan banyak multiplier effect bagi aktifitas ekonomi dan menggerakkan para pelaku usaha UMKM lokal yang ada di Pasuruan.

Bromo Marathon yang telah diselenggarakan sebanyak 8 kali ini juga harus menjelma sebagai ikon pariwisata baru event berskala internasional, sehingga bisa menarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia, khususnya Jawa Timur melihat keindahan Gunung Bromo.

“Plataran Bromo selalu mengadakan kegiatan luar biasa yang tentunya akan menarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia, terutama Bromo. Dengan mengangkat budaya, olahraga, musik, pelestarian alam, serta mendukung komunitas setempat dan UMKM. Harapan saya, semoga Bromo selalu menjadi tempat yang menyenangkan dan Pasuruan always fresh," ujar Emil.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan, event ini menjadi peluang mendorong percepatan pemulihan ekonomi masyarakat dan kunjungan wisatawan.

“Pemerintah daerah Pasuruan sangat berterimakasih kepada Plataran Bromo serta mendukung penuh event Bromo Marathon 2022 dan Plataran Bromo Xtravaganza 2022. Dengan hadirnya Plataran Bromo, keberadaan Kabupaten Pasuruan semakin dikenal, baik di Indonesia maupun mancanegara. Kami selaku pemerintah daerah dan seluruh warga Pasuruan sangat bersemangat untuk menjadi bagian dari rangkaian acara ini," ujar Irsyad Yusuf.

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR