Home Kesehatan Menkes Sebut Kesehatan Gigi dan Mulut Perlu Dijaga Sejak Kecil

Menkes Sebut Kesehatan Gigi dan Mulut Perlu Dijaga Sejak Kecil

Jakarta, Gatra.com – Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa kesehatan gigi dan mulut memiliki peran penting dalam menentukan asupan gizi setiap manusia. Pasalnya, apabila kesehatan gigi dan mulut terganggu, maka asupan gizi yang dapat masuk ke tubuh pun akan ikut berkurang.

“Gigi dan mulut ini sangat menentukan asupan gizinya juga. Kalau gigi dan mulut kita tidak sehat, asupan gizi yang masuk juga berkurang, sehingga kondisi kesehatan kita juga berkurang,” ujar Menkes Budi yang hadir secara virtual, pada acara Sikat Gigi Massal pada Anak-Anak SD secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional, di Gelora Bung Karno, pada Senin (12/9).

Oleh karena itu, Budi pun menganggap penting untuk senantiasa menjaga kesehatan gigi dan mulut secara rutin. Ia juga mengatakan bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut memang sejatinya penting dilakukan sejak masa anak-anak, sehingga gigi tetap akan dalam kondisi baik ketika menginjak usia lanjut.

Sayangnya, Budi mengamati bahwa ada banyak anak yang cenderung takut untuk pergi ke dokter gigi. Ia mengatakan, hal tersebut disebabkan oleh bunyi peralatan dokter gigi memiliki kesan menakutkan bagi anak-anak.

“Walaupun dokter gigi, kalau saya lihat ya, relatif lebih trendy lah dibandingkan dokter biasa gitu ya, tapi alat-alatnya kan menakutkan untuk anak-anak, sehingga banyak, bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun sebenarnya lebih malas ke dokter gigi dibandingkan ke dokter biasa,” kata Budi dalam kesempatan tersebut.

Lebih lanjut, Budi menyebut bahwa hal itulah yang menyebabkan banyak masyarakat Indonesia yang kondisi gigi dan mulutnya pun menjadi kurang terawat. Akibatnya, kata Budi, kondisi gigi masyarakat cenderung tidak baik ketika mereka mencapai usia lanjut. Bahkan, asupan gizi yang mereka peroleh pada usia-usia produktif pun akan cenderung berkurang.

Oleh karena itu, Budi pun memandang Hari Kesehatan Gigi Nasional yang jatuh tepat pada hari Senin (12/9) ini sebagai momentum yang tepat untuk melakukan refleksi mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa penting guna mengingatkan masyarakat, agar mereka tidak perlu takut untuk senantiasa memeriksakan kesehatan gigi dan mulut mereka secara rutin.

“Mungkin kita bisa menggunakan, Hari Kesehatan Gigi dan Mulut (Nasional) ini, untuk membuka kesadaran masyarakat, mendidik mereka, terhadap pentingnya kesehatan gigi dan mulut, dan tidak usah takut, untuk secara rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut,” ucap Budi, yang disebut tak dapat menghadiri acara tersebut secara langsung, karena masih harus menjalani isolasi mandiri akibat infeksi virus Covid-19 beberapa waktu silam.