Home Teknologi Gerakan 1.000 Startup Digital Dorong Pertumbuhan Ekosistem Ekonomi Digital Dalam Negeri

Gerakan 1.000 Startup Digital Dorong Pertumbuhan Ekosistem Ekonomi Digital Dalam Negeri

Jakarta, Gatra.com - Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, menyebut bahwa pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia selalu bertambah. Saat ini saja, terdapat 27 juta pengguna baru dengan 60 persen masyarakat aktif bertransaksi di ruang digital.

Oleh Karenanya, Potensi besar ini yang patut dipantau oleh para pelaku ekonomi digital, khususnya inovator bisnis Startup Digital. Karena menurut Semuel, ekosistem Startup niscaya mampu menjawab apa yang menjadi tantangan dari kemajuan digital di masyarakat kedepan.

"Kita harus jeli dalam melihat permasalahan yang ada di sekeliling kita. Mungkin itu simpel, tapi jika kita bisa memberikan solusinya, maka itulah peluang kita untuk menjadi startup. Menyelesaikan masalah yang dihadapi, sekaligus mendorong ekonomi," kata Semuel dalam keterangannya pada Selasa (13/9)

Salah satu strategi penumbuhan ekosistem startup dilakukan melalui Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital tahun 2022. Program ini, sambung Semuel, punya satu rangkaian yang diharapkan dapat membangun Indonesia. Selain startup, program tersebut juga dipercaya dapat membantu UMKM untuk memanfaatkan ruang digital.

"Program ini dilaksanakan di 20 kota, bukan hanya dilakukan Kominfo tetapi juga menggandeng kementerian dan lembaga lain hingga swasta untuk menjawab tantangan digital yang ada," imbuh dia.

Sementara itu, Koordinator 1000 Startup Digital, Sonny Hendra Sudaryana, mengapresiasi para founders startup yang berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Dia menyampaikan bahwa 1000 Startup merupakan wadah yang tepat bagi putra-putri terbaik bangsa untuk mulai bergerak memajukan Indonesia di era digital.

"Kita perlu putra daerah yang bisa memberikan solusi baru bagi permasalahan-permasalahan yang ada. Dengan gerakan ini kita percaya bisa menyediakan resources yang dibutuhkan untuk berdaya dan berkarya di era internet ini," kata Sonny.