Home Olahraga Sah! Didukung 34 KONI, Provinsi NTT dan NTB Menjadi Tuan Rumah PON XXII 2028

Sah! Didukung 34 KONI, Provinsi NTT dan NTB Menjadi Tuan Rumah PON XXII 2028

Kupang, Gatra.com - Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat ditetapkan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional atau PON XXII tahun 2028, yang didukung penuh KONI dari 34 Provinsi.

Penetapan NTT dan NTB menjadi tuan rumah PON XXII 2028 diputuskan dalam Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa atau Musornaslub KONI di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa, 13 September 2022.

Musornaslub dipimpin langsung Ketua KONI Marciano Norman Kamaru. Hadir dalam Musornaslub Gubernur NTT Josef Nae Soi yang juga Ketua KONI NTT. Keputusan NTT dan NTB menjadi tuan rumah PON XXII tahun 2028 atau PON Nusa Tenggara diumumkan oleh Sekretaris Musornaslub KONI 2022, Elbadi Fardian.

“Menetapkan provinsi NTB dan NTT sebagai tuan rumah pelaksanaan PON XXII 2028. Keputusan ini juga sah tercatat dalam Surat Keputusan Kemenpora Nomor 4, pada 13 September 2022,” kata Elbadi Fardian.

Untuk diketahui, NTT dan NTB menjadi satu-satunya yang mendaftarkan diri untuk menjadi tuan rumah PON XXII 2028 atau PON Nusa Tenggara sepanjang masa pendaftaran hingga 1 Juni 2022 lalu.

Sekertaris Umum KONI NTT Lambertus Tukan mengaku senang dengan keputusan itu. “Kami mengapresiasi hasil Musornaslub KONI hari ini. Komitmen Gubernur dan Wagub NTT untuk menjadikan NTT dan NTB tuan rumah PON XXII 2028 atau PON Nusa Tenggara akhirnya terwujud,” kata Lambert Tukan.

Karena itu jelas Lambert KONI NTT akan mempersiapkan banyak venue atau sarana prasarana untuk menyukseskan event olahraga paling bergengsi skala nasional ini.

“Karena sudah ditetapkan sebagai tuan rumah bersama Provinsi NTB, tentunya kami akan segera mempersiapkan sejumlah sarana prasarana untuk menyongsong event olahraga berskala nasional ini,” jelas Lambert.

Dia menyebutkan belum lama ini, Ketua KONI NTT Josef Nae Soi bersama Ketua Tim Penjaringan Tuan Rumah PON XXII Tahun 2028 telah melakukan pengecekkan di semua venue di NTT.

“Ketua Tim Penjaringan Tuan Rumah PON XXII tahun 2028 belum lama ini telah datang melakukan pengecekkan sejumlah venue di NTT. Hasil lapangan, Provinsi NTT memenuhi syarat dan layak menjadi tuan rumah PON XIII. Hasilnya hari ini secara resmi diumumkan,” kata Lambert.