Home Regional GIIAS Surabaya 2022 Resmi Dibuka, Potensi Otomotif di Jatim Menjanjikan

GIIAS Surabaya 2022 Resmi Dibuka, Potensi Otomotif di Jatim Menjanjikan

Surabaya, Gatra.com – The Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2022 resmi dibuka hari ini, Rabu (14/9). Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini digelar di Grand City Convex dari 14 hingga 18 September 2022.

Acara tersebut dibuka oleh Menteri Perindustrian RI yang diwakili oleh Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, Dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier didampingi oleh Gubernur Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim, Drajat Irawan, serta Dirjen Perhubungan Darat, Hendra Sugiatno.

"Lewat penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2022, GAIKINDO ingin menunjukkan bahwa pencapaian dan potensi industri otomotif di Jawa Timur sangat menjanjikan. Ini merupakan sebuah capaian yang tidak lepas dari dukungan Pemerintah Republik Indonesia, khususnya Kementerian Perindustrian," jelas Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Yohannes Nangoi.

Nangoi juga menyampaikan bahwa kehadiran berbagai produk otomotif dengan teknologi terbaru diharapkan dapat memberikan informasi dan edukasi yang tepat kepada masyarakat Jawa Timur.

Pemerintah Jatim menyampaikan bahwa 48% nyawa kekuatan provinsi ini ada pada industri dan perdagangan. Hal itu berarti bahwa pameran yang diselenggarakan di Jawtim akan memiliki potensi yang sangat biasa. Drajat juga menyampaikan harapannya agar rangkaian GIIAS dapat berjalan sukses dan memberikan manfaat untuk Jawa Timur serta nasional.

Menteri Perindustrian yang diwakili oleh Dirjen ILMATE, Taufiek Bawazier dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui penyelenggaraan GIIAS dapat memberikan informasi dan edukasi kepada para pengunjung tentang keunggulan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) yang tidak bersuara dan tidak menimbulkan polusi. Pemerintah berharap GIIAS dapat mendorong tercapainya Green Mobility dalam industri otomotif Indonesia.

Total ada 13 merek yang berpartisipasi dalam GIIAS Surabaya dengan membawa teknologi terkini dan produk terbarunya. Brand-brand besar yang meliputi Audi, Daihatsu, Honda, Hyundai, Kia, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling. Kesemuanya akan memamerkan karya terbaik mereka di GIIAS Surabaya.

Tiket masuk pameran hanya dijual secara online pada aplikasi GIIAS Auto360, yang tersedia pada Appstore dan Playstore. Harga tiket masuk yaitu Rp20.000 untuk hari kerja (Rabu-Jumat) dan Rp30.000 untuk akhir pekan (Sabtu-Minggu). Selain di Surabaya, GIIAS selanjutnya akan diselenggarakan di Medan pada 5-9 Oktober dan Makassar pada 16-20 November.