Home Olahraga FPTI dan Kemenpora Genjot Persiapan Indonesia untuk Ajang Kompetisi Panjat Tebing Dunia

FPTI dan Kemenpora Genjot Persiapan Indonesia untuk Ajang Kompetisi Panjat Tebing Dunia

Jakarta, Gatra.com - Mendekati beberapa hari lagi perhelatan turnamen panjat tebing dunia oleh International Sport Climbing (IFSC) akan diselenggarakan pada tanggal 24-26 September 2022 di Lot 16-17 SCBD Park, Sudirman, Jakarta.

Untuk itulah Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengadakan pertemuan untuk membahas dan melaporkan persiapan yang telah dilakukan sejauh ini.

Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid mengatakan dengan terselenggaranya Indonesia menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya pada cabang olahraga tebing merupakan suatu kehormatan.

"Tentu ini adalah sebuah kehormatan besar buat kita, ya. Dan suksesnya acara ini tentu akan menentukan kepercayaan dari federasi internasional terhadap kesiapan Indonesia untuk menjadi host untuk acara kedepan nanti," ungkap Yenny Wahid pada saat konferensi pers di Gedung Graha Pemuda, Kantor Kemenpora, Jakarta Pusat, Rabu (14/9).

Dalam beberapa hari lagi sejumlah atlet dari luar negeri akan berdatangan ke Indonesia dan dari pihak FPTI memastikan jika persiapannya lancar.

Pada IFSC setidaknya terdapat 27 negara turut mengirimkan para atletnya untuk bertanding pada 24 September mendatang. Kemudian dari Indonesia mengirimkan kurang lebih 42 atlet yang terdiri 22 atlet speed dan 20 atlet lead. Pada kategori speed putra sebanyak 12 orang dan putri sebanyak 10 orang. Lalu pada kategori lead sebanyak 10 putra dan 10 putri.

Kementerian Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Ammali mengungkapan jika panjat tebing merupakan salah satu cabang olahraga unggulan di Indonesia.

"Panjat tebing ini masuk di dalam cabor unggulan kita. Dan kita sudah menargetkan dan sudah menyampaikan kepada Bu Ketum dan teman-teman pengurus panjat tebing Indonesia, kita harus masuk di Olimpiade Paris 2024," ucap Zainudin Amali.

Yenny mengakui jika pemerintah sangat support terutama pada pembinaan untuk para atlet yang difasilitasi seluruhnya oleh mereka. Pada penyelenggaraan kompetisi internasional ini antara FPTI dengan pihak Kemenpora masih terus berkoordinasi.

Baik antara Yenny Wahid maupun Zainudin Ammali menargetkan pada kompetisi ini diharapkan bisa menjuarai dunia kembali, seperti meraih medali untuk putra dan tiga besar untuk putri.

Berdasarkan penuturan dari Yenny Wahid, sampai sejauh ini persiapan dari para atlet panjat tebing dari segi mental sudah sangat kuat. Lalu, dari segi prestasi juga konstan khususnya atlet nasional panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo yang masih memimpin klasemen pada cabor tersebut.

Zainudin meminta mohon doa kepada masyarakat Indonesia untuk mengirim dukungan serta doa agar kompetisi panjat tebing nanti akan berjalan dengan baik dan sukses.

"Baik teman-teman, makasih dan mohon doanya agar sukses kejuaraan panjat tebing nanti tanggal 24 September," pungkasnya.