Home Nasional Jokowi Bagikan BLT BBM ke Masyarakat Kepulauan Aru

Jokowi Bagikan BLT BBM ke Masyarakat Kepulauan Aru

Kepulauan Aru, Gatra.com – Presiden RI Joko Widodo menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) kepada masyarakat Dobo, Kepulauan Aru, Maluku, pada Kamis (15/9). Penyaluran BLT BBM tersebut ia lakukan di hari kedua kunjungan kerjanya di Provinsi Maluku, yang dimulai sejak Rabu (14/9) kemarin.

Baca juga: Demo Tolak Kenaikan BBM, KASBI dan Mahasiswa Mulai Padati Kawasan Patung Kuda

“Hari ini kita kembali membagikan BLT BBM untuk Kabupaten Aru, khususnya di Dobo,” ujar Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut, pada Kamis (15/9).

Dengan demikian, hingga saat ini, pemerintah telah membagikan total sekitar 8.179.000 BLT BBM kepada masyarakat di sebanyak 461 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Jumlah ini naik secara signifikan dibandingkan hari sebelumnya, di mana baru ada total sebanyak 431 kabupaten/kota di Indonesia yang telah menerima bantuan tersebut.

Baca juga: Dorong Kemandirian Industri Farmasi, Kemenperin Bangun Fasilitas Fitofarmaka

“Lompatannya cepat sekali. Saya harapkan, dengan kecepatan pembagian BLT BBM ini, daya beli rakyat, konsumsi rakyat, tidak turun,” ucap Jokowi.

Untuk diketahui, BLT BBM merupakan salah satu bentuk pengalihan subsidi BBM dari pemerintah, di mana masing-masing penerima manfaat pada 2022 ini akan memperoleh bantuan tunai sebesar Rp 300.000 sebanyak 2 kali, atau total Rp 600.000.

Baca juga: Dibuka Menko Perekonomian dan Menperin, Pekan Raya Kendal Catatkan Sejarah Baru

Bantuan sosial berupa BLT BBM ini telah disalurkan pemerintah sejak 1 September 2020 silam, kepada masyarakat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).