Home Internasional Xi Jinping Tiba di Uzbekistan, Hadiri KTT SCO sebelum Bertemu Putin

Xi Jinping Tiba di Uzbekistan, Hadiri KTT SCO sebelum Bertemu Putin

Beijing, Gatra.com - Media Pemerintah China mengatakan Presiden Xi Jinping mengunjungi Uzbekistan pada Rabu (14/9), untuk kemudian bertemu dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin.

"Presiden China Xi Jinping tiba di sini (di Samarkand) Rabu malam untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Uzbekistan, dan menghadiri pertemuan ke-22 Dewan Kepala Negara Organisasi Kerja (KTT) Shanghai (SCO)," kata kantor berita resmi Xinhua, dikutip AFP, Kamis (15/9).

KTT SCO - didirikan pada tahun 2001 sebagai organisasi politik, ekonomi dan keamanan untuk menyaingi institusi Barat - akan mempertemukan Xi dan Putin, serta para pemimpin dari India, Pakistan, Kazakhstan, dan negara-negara Asia Tengah bekas Soviet lainnya.

Baca Juga: Kremlin: Pertemuan Vladimir Putin dengan Xi Jinping Bahas Ukraina dan Taiwan

Xinhua menyebut Xi yang tiba di bandara langsung dijemput oleh para pejabat termasuk Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev dan Perdana Menteri Abdulla Aripov.

Dilaporkan bahwa pemimpin China itu akan mengadakan pembicaraan dengan Mirziyoyev tentang memperdalam kerja sama bilateral, dan tentang isu-isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama. 

Baca Juga: Iran Ingin Masuk Keanggotaan Blok Rusia dan China

“Xi menghadiri KTT SCO Samarkand, dan bekerja dengan semua pihak untuk melanjutkan semangat Shanghai," ungkap Xinhua.

Xi terbang ke Samarkand dari Nur-Sultan di Kazakhstan , di mana ia bertemu dengan Presiden Kassym-Jomart Tokayev dalam perjalanan pertamanya ke luar negeri pasca pandemi virus corona.

Di sana, presiden China berjanji mendukung penuh negara Asia Tengah yang kini disegani akibat invasi Rusia ke Ukraina.

Baca Juga: Impor Energi China dari Rusia Melonjak: Rusia Lampaui Indonesia Jadi Pemasok Utama Batu Bara

Kazakhstan adalah bagian dari Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) Beijing, dan mendukung anggaran triliunan dolar untuk meningkatkan hubungan perdagangan di seluruh dunia, dengan membangun infrastruktur penting.