Home Regional Di Hari Jadi ke-77 Provinsi Jatim, Khofifah: Ada Amanah yang Harus Dijalankan

Di Hari Jadi ke-77 Provinsi Jatim, Khofifah: Ada Amanah yang Harus Dijalankan

Surabaya, Gatra.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meluncurkan logo dan kick off rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jatim, di Halaman Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Sabtu (16/9).

Mengangkat tema “Optimis Jatim Bangkit”, Khofifah memastikan peringatan Hari Jadi ini akan diwarnai dengan beragam kegiatan yang menarik dan bermanfaat bagi warga masyarakat Jatim.

Khofifah menerangkan, rangkaian peringatan Hari Jadi ke 77 Provinsi Jatim ini merupakan satu bentuk semangat kebangkitan Jatim bukan hanya sekedar peringatan secara seremonial.

Melainkan momentum bersama untuk menumbuhkan satu tekad mewujudkan masyarakat Jawa Timur yang terdepan, religius dan sejahtera lahir batin melalui Semangat Nawa Bhakti Satya.

"Karena Hari Jadi Jatim dan Nawa Bhakti Satya ini bukan hanya sekedar selebrasi dan rancangan program saja, namun juga amanah kita yang harus dilaksanakan. Untuk itu, kita butuh kerjasama dan koordinasi semua pihak," ujar Khofifah dalam keterangannya.

Rangkaian Peringatan Hari Jadi antara lain diisi dengan kegiatan Jatim Bersholawat di Alun Alun Jombang dan di Kota Pasuruan, Jatim Fair bagi produk UMKM, Pameran Lukisan, East Java Fashion Harmony di Gunung Bromo, Implementasi Program Optimis Jatim Bangkit di 5 Bakorwil, olah raga dan hiburan rakyat yaitu Karapan Sapi (Piala Presiden).

Selain itu juga ada kegiatan festival e-Sport (lomba game online), Konvoi dan Kontes Vespa & VW, Bakti Sosial Harley Davidson Club dan sebagainya. Di samping kegiatan tersebut, masih terdapat 161 kegiatan yang dilaksanakan masing-masing OPD dan BUMD baik baksos, menanam mangrove, pasar murah, susur sungai dan sebagainya.

Sedangkan Upacara Hari Jadi sendiri akan dilakukan pada 12 Oktober 2022 di Gedung Negara Grahadi. Serta Sidang Paripurna DPRD yang akan dilaksanakan pada 12 Oktober 2022.

Dalam acara launching Hari Jadi ini, Gubernur Khofifah turut melakukan penanaman pohon mojo di halaman kantor Gubernur Jawa Timur, pelepasan 77 ekor burung merpati, serta Lomba volley diikuti oleh 8 tim yang terdiri dari Forkopimda, DPRD, Bupati/Walikota, Ka. OPD, BUMD, Media, TNI, Polri.

Sementara itu untuk Logo Hari Jadi ini merupakan karya Mahesa Indra Wardhana asal Sidoarjo, Jatim. Yang merupakan juara pertama dari Sayembara Logo Hari Jadi ke-77 Provinsi Jatim.

Di mana logo ini memiliki karakteristik sederhana dengan bentukan garis tegas. Dan gradasi warna hijau dalam logo ini bermakna pertumbuhan, energi hijau, natural, kesegaran, kesembuhan, dan kemakmuran.

Acara peluncuran program Kick Off rangkaian peringatan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur ini turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda Jatim, Bupati/Walikota se-Jatim, para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim, serta jajaran BUMD di lingkungan Provinsi Jatim.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Khofifah turut menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh jajaran ASN di lingkungan Pemprov Jatim. Hal ini karena berbagai penghargaan yang berhasil diraih Pemprov Jatim.

“Terima kasih kepada seluruh ASN yang menjadi bagian dari penguatan kinerja Pemprov Jawa Timur,” pungkasnya.