Home Sumbagsel Peringati Hari Perhubungan Nasional, Pelindo Bersih-bersih Sungai Musi

Peringati Hari Perhubungan Nasional, Pelindo Bersih-bersih Sungai Musi

Palembang, Gatra.com - Mendukung Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2022, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Palembang (Pelindo Regional 2 Palembang) bersama anak perusahaan dan stakeholder pelabuhan melakukan aksi bersih sungai di Sungai Musi, Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (17/9).

Dengan melibatkan 300 peserta gabungan dari 33 Instansi dan mitra kerja jasa perhubungan yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, di Wilayah Kerja Distrik Navigasi Kelas I Palembang, semua peserta nampak kompak dalam aksi bersih-bersih di beberapa titik wilayah perairan yang dipenuhi sampah.

General Manager Pelindo Regional 2 Palembang, Imam Rahmiyadi mengatakan, Harhubnas sendiri diperingati pada 17 September setiap tahunnya oleh insan perhubungan.

“Peringatan Harhubnas ini memiliki tujuan untuk meningkatkan rasa kebersamaan, kesadaran dan tanggung jawab insan perhubungan dengan mitra kerja jasa perhubungan untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik,” ujarnya di Palembang.

Menurutnya, di setiap tahunnya pun Harhubnas juga memiliki tema dan rangkaian kegiatan. Untuk tahun ini peringatan Harhubnas bertemakan Bangkit Maju Bersama. “Tema Harhubnas tahun 2022 ini diharapkan menjadi spirit kebangkitan jasa transportasi setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19,” katanya.

Dikatakannya, kegiatan bersih sungai dilaksanakan dengan tujuan perlindungan lingkungan maritim agar bersih dari sampah di perairan dan pesisir Palembang, serta meningkatkan silaturahmi dan kerjasama lintas sektor dalam pengelolaan sampah dari muara dan pesisir.

“Kegiatan bersih sungai ini dilaksanakan pada lima lokasi. Mulai dari Dermaga Distrik Navigasi Kelas I Palembang Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru, Dermaga Non Petikemas Pelindo Regional 2 Palembang, Masjid Lawang Kidul dan sekitarnya dan Dermaga Pasar 16 Ilir,” ujarnya.

Bukan itu saja, lanjutnya, rangkaian kegiatan peringatan Harhubnas 2022 juga melakukan pembagian bantuan sosial oleh Endang Budi Karya bersama anggota Dharma Wanita Pusat Kemenhub. Dimana, ada 350 paket yang ditujukan kepada masyarakat membutuhkan di lingkungan sekitar Pelabuhan Boom Baru Palembang.

Kemudian, diisi dengan acara malam Kesenian Harhubnas di Hotel Santika Premiere Palembang. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Menhub, Budi Karya Sumadi serta dihadiri juga oleh Direktur Pengelola PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Putut Sri Muljanto, Regional Head 2 Pelindo, Guna Mulyana dan General Manager Pelindo Regional 2 Palembang, Imam Rahmiyadi.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan pemenang turnamen olahraga dalam rangka Harhubnas 2022 kategori Mini Soccer dan Volley Ball yang dimenangkan oleh Pelindo.

Sementara itu, akhir rangkaian kegiatan peringatan Harhubnas 2022, Direktur Pengelola Pelindo, Putut Sri Muljanto, Regional Head 2 Pelindo, Guna Mulyana dan General Manager Pelindo Regional 2 Palembang, Imam Rahmiyadi mengikuti Upacara Peringatan Harhubnas 2022 di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang yang dihadiri Menhub beserta jajaran, Gubernur Sumsel, Wali Kota Palembang, Forkopimda Provinsi Sumsel dan Kota Palembang, Ketua DRPD dan Wakil Ketua DPRD Sumsel, Rektor dan Wakil Rektor Unsri, serta Insan Perhubungan Sumsel.

“Setelah dilakukan upacara agenda dilanjutkan dengan bakti sosial dan pemberian santunan kepada sopir angkutan umum, driver ojek online, pengemudi perahu, dan buruh,” katanya.