Home Internasional Biden Peringatkan Putin Jangan Gunakan Nuklir, Rusia Akan Semakin Paria

Biden Peringatkan Putin Jangan Gunakan Nuklir, Rusia Akan Semakin Paria

Washington DC, Gatra.com- Presiden Joe Biden memperingatkan Vladmir Putin untuk menghindari penggunaan senjata nuklir karena pasukannya dipukul mundur di Ukraina atau menghadapi 'konsekuensi'. Demikian Daily Mail, 17/09.

Dalam preview untuk 60 minutes Ahad ini, Scott Pelley bertanya kepada presiden kata-kata apa yang akan dia berikan untuk rekan Rusianya jika dia mempertimbangkan untuk menggunakan senjata nuklir, kimia atau senjata taktis lainnya di Ukraina.

Biden menjawab: "Jangan. Jangan. Jangan. Anda akan mengubah wajah perang tidak seperti apa pun sejak Perang Dunia II."

Ketika Pelley mendorong presiden untuk tanggapan Amerika jika Putin melewati batas, Biden menolak mengomentari rencana tertentu, hanya mengatakan bahwa AS akan bertindak jika senjata nuklir digunakan.

"Ini akan menjadi konsekuensinya," kata Biden. "[Rusia] akan menjadi lebih paria di dunia daripada sebelumnya."

"Dan tergantung pada sejauh mana apa yang mereka lakukan akan menentukan respons apa yang akan terjadi."

Presiden Joe Biden memperingatkan Vladimir Putin bahwa Rusia akan menghadapi 'konsekuensi' jika mereka memutuskan untuk menggunakan senjata nuklir atau kimia di Ukraina.

Peringatan itu datang ketika Rusia mengalami kekalahan lagi oleh pasukan Ukraina yang didukung oleh bantuan militer Barat.

Pasukan Ukraina, yang didukung oleh bantuan militer dari Barat, telah berhasil mengalahkan Rusia di kota-kota utama saat garis depan Kremlin surut ke arah timur.

Tanggapan Biden datang sehari setelah pemerintahannya berkomitmen untuk mengirimkan bantuan militer senilai US$600 juta lagi ke Ukraina, yang berhasil merebut kembali kota besar lain dari pasukan Rusia pada Rabu.

Gedung Putih mengatakan ini adalah yang ke-21 kalinya Departemen Pertahanan menarik senjata dan peralatan lainnya dari rak untuk dikirim ke Ukraina.

Paket tersebut akan mencakup lebih banyak jenis amunisi dan peralatan yang sama yang telah membantu pasukan Ukraina mengalahkan pasukan Rusia di bagian timur dan selatan.

Baru-baru ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membantu mengibarkan bendera negaranya di atas benteng Rusia yang baru direbut kembali di Izyum saat ia merayakan serangan balik yang menakjubkan yang mengarahkan pasukan Putin di utara negara itu.

"Ukraina mengambil kembali miliknya," kata seorang juru bicara militer, ketika harapan yang tumbuh dari kemenangan keseluruhan melawan pasukan Putin mulai menyebar ke seluruh negeri setelah penghinaan medan perang terbaru Rusia.