Home Nasional Kepala BIN Budi Gunawan Jadi Tokoh Paling Berpengaruh dari Hasil Survei LPI

Kepala BIN Budi Gunawan Jadi Tokoh Paling Berpengaruh dari Hasil Survei LPI

Jakarta, Gatra.com - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) jadi tokoh paling berpengaruh di antara para menteri dan kepala lembaga negara dalam Kabinet Indonesia Maju selama semester I Tahun 2022.

Hal itu diketahui dari hasil survei terbaru Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bekerja sama dengan Indonesian Publik Institute (IPI), dan Indonesian Club (IC). Survei ini mengukur pandangan kelas menengah intelektual terhadap kinerja 45 pimpinan lembaga negara dan para menteri.

"Dari 45 nama tersebut, ada 10 menteri atau kepala lembaga negara yang masuk kategori tokoh paling berpengaruh dan di nomor satu adalah Kepala BIN Pak Budi Gunawan dengan skor nilai 2,39 dari skala 0 sampai 4," kata Boni Hargens, pendiri Lembaga Pemilih Indonesia di Metro Coffee Bar, Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (17/9).

Selain Budi Gunawan, tokoh berpengaruh lain yakni Panglima TNI Andhika Perkasa, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Menkopolkam Mahfud MD, dan Menteri BUMN Erick Tohir.

Menyusul kemudian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Boni menilai Kepala BIN Budi Gunawan sosok cerdas, bekerja dalam senyap, dan professional dalam melaksanakan tugasnya. Baik sebagai kepala BIN maupun sebagai orang dekat Presiden Joko Widodo.

“Saya kira publik melihat sendiri bagaimana para tokoh ini bekerja dan berdedikasi selama ini. Wajar jika hasil survei ini memberikan affirmasi yang sepadan terhadap mereka”, jelas doktor lulusan terbaik dari Universitas Walden, Amerika Serikat itu.

Lima hal yang diukur dalam survei ini adalah popularitas, pengaruh, kontroversial, keunikan, relevansi dan kontribusi pemikiran.

Dalam pemaparannya, Peneliti LPI Febri Wahyuni mengungkapkan Budi Gunawan merupakan tokoh yang paling berpengaruh. perolehan skor 2.39.

Hal itu terlihat dari indikator pengaruh yang berbasis pada kepiawaian seorang pemimpin dalam dua sub indikator yaitu dalam hal perumusan kebijakan, agenda program sekaligus mengimplementasikannya dan pengaruh pemimpin tersebut dalam menahkodai institusinya.

"Responden menilai sosok Budi Gunawan mempunyai pengaruh positif terhadap sejumlah rumusan program dan agenda BIN terutama dalam hal penanggulangan wabah Covid-19 sekaligus mengawal fase transisi dari pandemi ke endemik," sebut Wahyuni.

Responden, kata Wahyuni, juga menilai reputasi Budi Gunawan dalam memimpin institusi BIN dari terobosan kebijakan serta ketangkasan lintas kompartementasi di internal institusi dalam merespon beragam dimensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan.

"Ketangkasan Pak Budi Gunawan juga sekaligus memberikan deteksi, analisa, proyeksi dan strategi untuk menempuh kebijakan yang akan diambil oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) selaku end user-nya," jelas Wahyuni.

Sementara itu, Direktur IPI, Karyono Wibowo menilai wajar jika Budi Gunawan menjadi tokoh paling berpengaruh. Karena Kepala BIN berkontribusi dalam memerangi Covid-19, sosialisasi kebijakan-kebijakan popular pemerintah seperti pembangunan ibukota negara (IKN) di Kalimantan Timur, dan berbagai kebijakan strategis lainnya yang dijalankan pemerintah.

Direktur Indonesian Club, Gigih Guntoro, menambahkan dirinya tidak tertarik dengan isu popularitas para calon presiden dan wakil presiden. Tapi untuk mengapresiasi kerja pemerintah dan menjaga kepercayaan publik terhadap negara.

"Seperti kinerja Panglima TNI Adhika Perkasa yang dianggap terbaik, termasuk Kapolri Listyo Sigit yang juga dianggap terbaik meskipun di tengah badai internal di Polri, patut kita apresiasi supaya kepercayaan masyarakat terhadap negara terjaga dengan baik," imbuh Gigih.

Berikut hasil survei dilakukan sejak 30 Agustus sampai 12 September 2022 terhadap kelas menengah intelektual, yang terdiri dari para dosen/pakar, peneliti, anggota LSM/NGO dan aktivis/seniman di 34 provinsi:

 

1. Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan dengan skor 2,39

2. Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dengan skor 2,38

3. Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo dengan skor 2,38

4. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dengan skor 2,38

5. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dengan skor 2,38

6. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan skor 2,35

7. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan 2,35 skor

8. Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan skor 2,34

9. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dengan skor 2,33

10. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan skor 2,32