Home Internasional Kremlin Bantah Tuduhan Klaim Kejahatan Perang Ukraina

Kremlin Bantah Tuduhan Klaim Kejahatan Perang Ukraina

Moskow, Gatra.com - Kremlin pada hari Senin menolak tuduhan bahwa pasukan Rusia telah melakukan kejahatan perang di provinsi Kharkiv Ukraina sebagai sikap “kebohongan.”

Reuters, Senin (19/9) melaporkan, sekitar 450 mayat - sebagian besar yang dikatakan Ukraina adalah warga sipil - telah ditemukan di kuburan massal dekat Izium, setelah pasukan Rusia bulan ini dipaksa keluar dari wilayah Kharkiv, yang sebagian besar telah mereka kendalikan sejak minggu pertama kampanye militer mereka, di Ukraina.

Baca Juga: Pengadilan Kejahatan Perang di Ukraina: Prajurit Rusia Dihukum Seumur Hidup

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan para penyelidik di lokasi itu telah menemukan bukti penyiksaan, termasuk mayat dengan tangan terikat, dan menuduh pasukan Rusia melakukan kejahatan perang.

Ditanya pada hari Senin tentang pernyataan Zelenskiy, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan: “Ini skenario yang sama seperti di Bucha. Itu bohong, dan tentu saja kami akan membela kebenaran dalam cerita ini.”

Baca Juga: Ukraina Buka Pengadilan Kejahatan Perang Pertama Terhadap Tentara Rusia

Rusia sebelumnya menolak klaim bahwa pasukannya telah melakukan kejahatan perang di Bucha, di luar Kyiv, setelah bukti warga sipil terbunuh saat kota itu dikendalikan oleh pasukan Rusia terungkap, setelah penarikan Rusia pada akhir Maret.