Home Regional BBM Naik, Ratusan Ribu Warga NTB Terima BLT

BBM Naik, Ratusan Ribu Warga NTB Terima BLT

Mataram, Gatra.com - Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat sebagai konpensasi kenaikan BBM disalurkan di NTB. Dari total 553.817 kuota Keluarga Penerima Manfaat (KPM) baru 432.944 KPM sudah menerima manfaat. Namun masih tersisa 130.873 KPM lagi yang sedang dalam proses pencairan.

Anggota Komisi VIII DPR RI yang juga Ketua DPD PDI-P NTB H Rachmat Hidayat menyatakan, pihaknya akan tetap melakukan pengawasan terhadap kegiatan penyaluran bantuan ini supaya hak-hak masyarakat terpenuhi.

Dikatakan, bahwa BLT yang diterima oleh masyarakat dari pemerintah, adalah kompensasi untuk masyarakat seiring dengan kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM. Pencairan dana BLT dilakukan dua tahap. Masing-masing tahap, setiap warga mendapatkan Rp 300.000. Untuk tahap pertama selain dana BLT, pada saat yang sama, masyarakat juga mendapat pencairan dana BPNT untuk bulan September dengan nilai Rp 200.000. Sehingga total warga menerima Rp 500.000.

“Bantuan ini khusus untuk warga yang tidak mampu. Mudah-mudahan, di pencairan berikutnya, juga berbarengan dengan pencairan dana BPNT. Sehingga jumlah yang akan diterima Bapak Ibu, akan sama sebesar Rp 500.000,” kata Rachmat, Senin (19/9) di Mataram.

Sementara itu Kepala Kantor Pos Selong, Lombok Timur Defri Maulana menjelaskan, pihaknya menargetkan penyaluran dana BLT dan BPNT sudah akan mencapai 98 persen di Lombok Timur. “Hingga kemarin, dari total 125.719 KPM yang menerima BLT di Gumi Patuh Karya, sebanyak 96.542 KPM sudah menuntaskan pencairan. Sementara 29.177 KPM lainnya sedang dalam proses. Kami akan melayani proses pencairan tanpa ada jeda,” kata Defri.

Rahmat menambahkan, kebijakan Presiden Joko Widodo yang menarik subsidi BBM dan menggantinya dengan BLT BBM merupakan kebijakan yang pro terhadap kepentingan rakyat.

"Kenapa Presiden Jokowi menarik subsidi BBM? Karena masih banyak orang kaya yang dapat. Makanya diganti dengan BLT, supaya masyarakat yang berhak bisa mendapatkan haknya," kata tokoh kharismatik NTB ini.

Dirinya pun berharap agar bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat dan dapat membantu pemenuhan kebutuhan dasar. “Pergunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya,” katanya memberi pesan.

General Manager PT Pos Indnesia Kantor Cabang Utama Mataram, Achmad Saiful Bahri menjjelaskan, secara keseluruhan di NTB, total ada 553.817 KPM yang menerima BLT. Jumlah tersebut mengalami penambahan, sebab dalam prosesnya, Kementerian Sosial memang telah meminta pemerintah daerah melakukan pemutakhiran data sehingga data terbaru yang menjadi rujukan.

 

Reporter: Hernawardi

 

 

Editor:

 

 

Foto: Para penerima BLT dan BPNT di Mataram , konpensasi kenaikan harga BBM. (GATRA/Hernawardi)