Home Nasional Lukman Hakim Mengingat Azyumardi Azra Sebagai Seorang Sufi

Lukman Hakim Mengingat Azyumardi Azra Sebagai Seorang Sufi

Jakarta, Gatra.com - Mantan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, menghadiri acara Tahlilan yang diselenggarakan oleh pihak keluarga dari Almarhum Prof. Azyumardi Azra di rumah duka di Perumahan Puri Laras 2, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Senin malam (19/9).

Lukman Hakim mengatakan jika ia mengenal almarhum sebagai seorang cendekiawan dan tidak pernah tergoda dengan jabatan birokrasi.

"Bagi saya beliau itu adalah cendekiawan sejati. Ia akademisi tulen yang memang sama sekali tidak pernah tergoda dengan jabatan-jabatan di birokrasi atau di organisasi politik atau di wilayah wilayah politik praktis," tuturnya.

Ia menyebutkan, sosok Prof AA seorang sufi yang berfokus bukan pada dunia melainkan akhirat. "Almarhum adalah seorang sufi dalam artian beliau sudah tidak lagi silau dengan materi padahal kesempatan itu sangat banyak. Beliau adalah orang yang sudah selesai dengan dirinya, menurut saya," tambahnya.

Terdapat beberapa momen kebersamaan yang Lukman Hakim ingat dengan almarhum salah satunya yakni ketika almarhum sangat peduli dengan pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

"Banyak sekali momen saya dengan beliau, karena beliau sangat concern dalam membangun perguruan tinggi Islam, ada IAIN, ada UIN. Beliau juga sangat berjasa sekali atas transportasi dari IAIN menjadi UIN. Lalu jumlah UIN banyak di berbagai daerah," ucapnya.

Terpantau dari pukul 19.00 WIB sampai saat ini masih ramai dikunjungi oleh para pelayat yang sedang menunggu kedatangan jenazah almarhum dari Bandara Soekarno Hatta ke rumah kediamannya.

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR