Home Internasional Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Jakarta, Gatra.com – Diperkirakan sebanyak 4 miliar orang menyaksikan pemakaman Ratu Elizabeth II yang berlangsung pada Senin, 19 September 2022 waktu setempat atau sekitar pukul 17:00 WIB.

Sebanyak 750 ribu orang diperkirakan bertolak ke London untuk pemakaman kenegaraan dan memberikan penghormatan saat sang ratu berbaring, sebagaimana yang disampaikan oleh kantor berita Inggris, Guardian (18/9).

Di antara dari mereka yang mengantre selama lebih dari 12 jam untuk memberi penghormatan adalah David Beckham. Pelayanan di Westminster Abbey kemungkinan akan menjadi salah satu acara seremonial terbesar yang diadakan di Inggris sejak Perang Dunia II.

Baca Juga: Peti Mati Ratu Elizabeth II Menuju Tempat Peristirahatan Terakhirnya

Pemakaman ratu di Westminster Hall akan berakhir pada Senin pukul 06:30 waktu setempat. Sekitar pukul 10:35, peti mati berisi jenazah Ratu Elizabeth II diangkat ke gerbong yang sebelumnya digunakan untuk pemakaman kakeknya George V, ayahnya George VI, Ratu Victoria, dan Winston Churchill.

Peti mati Ratu Elizabeth II dibawa menuju dekat Westminster Abbey, tempat upacara pemakaman diadakan. Raja baru Charles III, bersama dengan Pangeran William dan Harry, berjalan di belakang peti mati.

Pemimpin dunia yang hadir pada acara tersebut, antara lain Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Presiden Perancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Jacinda Ardern, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Saat upacara berlangsung, Perdana Menteri Inggris Liz Truss dan sekretaris jenderal Persemakmuran akan berbicara. Kemudian, khotbah akan diberikan oleh Uskup Agung Canterbury.

Keheningan dua menit dilakukan di seluruh negeri, dimulai dari diberhentikannya semua penerbangan dari dan ke Bandara Heathrow selama setengah jam. Penutupan kebaktian ditandai dengan reveille, lagu kebangsaan, dan ratapan yang dimainkan oleh piper (peniup seruling) Ratu.

Peti mati tersebut akan dibawa menuju Windsor. Rute akan dibatasi oleh angkatan bersenjata dan senjata akan ditembakkan setiap menit. Sebastopol Bell dan Curfew Tower Bell masing-masing akan berdentang.

Baca Juga: Raja Charles, William dan Harry Berjalan Bersama di Belakang Peti Mati Ratu Elizabeth II

Layanan komitmen akan berlangsung di Kapel St. George pada pukul 16:00 waktu setempat (sekitar pukul 23:00 WIB). Dekan Kastil Windsor dan dengan kongregasi termasuk keluarga Kerajaan Inggris dan beberapa staf pribadi Ratu akan memimpin upacara tersebut.

Uskup Agung Canterbury akan mengucapkan berkat dan mereka yang hadir akan menyanyikan “God Save the King”. Sebelum himne berakhir, Mahkota Negara Kekaisaran, Orb dan Tongkat Kerajaan akan dikeluarkan dari peti mati Ratu dan ditempatkan di altar.

Sang Ratu akan dimakamkan di Kapel Memorial Raja George VI dengan suaminya Pangeran Philip, yang meninggal tahun lalu.

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR