Home Internasional Siapa Hajji Bashir yang Ditukar Amerika dengan Mark Frerichs

Siapa Hajji Bashir yang Ditukar Amerika dengan Mark Frerichs

Washington DC, Gatra.com– Amerika Serikat telah membebaskan seorang terpidana gembong narkoba Afghanistan yang dipenjara di AS dalam pertukaran tahanan dengan Taliban untuk pembebasan seorang veteran Angkatan Laut AS yang ditahan di Afghanistan sejak 2020. Demikian Al Jazeera, 19/09.

Presiden AS Joe Biden pada Senin menyambut baik pembebasan Mark Frerichs, yang diculik saat bekerja sebagai insinyur sipil di Afghanistan.

Namun dia mengakui bahwa kesepakatan itu “membutuhkan keputusan yang sulit”, mengacu pada pembebasan Bashir Noorzai, sekutu Taliban yang menjalani hukuman seumur hidup di penjara AS atas tuduhan narkoba.

Pertukaran tahanan terjadi lebih dari setahun setelah Taliban mengambil alih ibu kota Afghanistan di tengah penarikan pasukan AS pada Agustus 2021.

Washington tidak mengakui pemerintah Taliban . Tetapi pada Senin, para pejabat di kedua negara mengatakan pertukaran tahanan adalah hasil dari negosiasi yang panjang, menunjukkan bahwa saluran komunikasi antara pemerintahan Biden dan Taliban terbuka.

Di sini, Al Jazeera menganalisis siapa Frerichs dan Noorzai, dan upaya yang menyebabkan pembebasan mereka.

Bashir Noorzai

Noorzai, juga dikenal sebagai Hajji Bashir, adalah seorang pemimpin suku di provinsi Kandahar selatan Afghanistan.

Menurut pemerintah AS, dia memiliki ladang opium dan laboratorium untuk produksi heroin dan mengawasi operasi narkoba global. Para pejabat AS menggambarkannya sebagai “Pablo Escobar dari perdagangan heroin di Asia”, membandingkannya dengan seorang gembong narkoba Kolombia yang terkenal .

Noorzai dituduh memiliki hubungan pribadi yang dekat dengan mendiang salah satu pendiri Taliban Mullah Omar . Jaksa AS mengatakan dia secara finansial mendukung Taliban dengan imbalan membiarkan bisnis narkobanya berlanjut.

Dia ditangkap pada tahun 2005 di AS, di mana pengacaranya mengatakan dia berencana untuk berbicara dengan pejabat federal. Tidak jelas dalam kapasitas apa dia berkomunikasi dengan otoritas AS saat itu.

Pada tahun 2008, Noorzai dihukum karena tuduhan konspirasi terkait narkoba. Setahun kemudian, dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

“Jaringan narkotika Bashir Noorzai di seluruh dunia mendukung rezim Taliban yang menjadikan Afghanistan sebagai tempat berkembang biaknya terorisme internasional, warisan yang terus mengacaukan kawasan itu,” kata seorang pejabat Departemen Kehakiman AS dalam sebuah pernyataan saat itu. "Hukuman hari ini secara definitif mengakhiri karir kriminal panjang Noorzai."

Pengacara Noorzai membantah tuduhan terhadapnya, dengan alasan bahwa dia dibujuk ke AS dengan janji bahwa dia tidak akan ditangkap.

Mark Randall Frerichs

Frerichs, 60 tahun, adalah seorang veteran angkatan laut dan insinyur sipil yang bekerja sebagai kontraktor sipil di Afghanistan hingga dia diculik di provinsi Khost, tenggara Kabul, pada awal 2020.

Sementara keadaan penculikannya masih belum jelas, para pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada outlet berita bahwa mereka yakin dia diculik oleh Jaringan Haqqani yang bersekutu dengan Taliban.

Kantor berita Associated Press melaporkan pada tahun 2020 bahwa pasukan AS melakukan operasi penyelamatan yang gagal untuk membebaskan Frerich tahun itu.

Dalam sebuah video yang difilmkan pada akhir tahun 2021 dan dipublikasikan pada bulan April, Frerichs memohon pembebasannya, mengatakan dia ingin bersatu kembali dengan keluarganya. “Saya ingin meminta pimpinan Imarah Islam Afghanistan, tolong, bebaskan saya,” katanya.

Keluarga Frerichs meminta pemerintah Biden awal tahun ini untuk membebaskan Noorzai – tuntutan utama Taliban yang diketahui – untuk mengamankan pembebasan veteran Angkatan Laut AS.

“Saya mengerti Noorzai adalah seorang penjahat yang dihukum … Tapi saya tahu kami telah menahannya selama lebih dari 16 tahun dan bahwa orang lain yang telah melakukan jauh lebih buruk telah dikirim pulang. Itu normal bagi tahanan untuk dikembalikan setelah perang berakhir,” tulis saudara perempuan Frerichs Charlene Cakora di Washington Post pada bulan Januari.

Anggota parlemen dari negara bagian asal Frerichs di Illinois juga mendesak Biden untuk "mendorong setiap tuas yang masuk akal" untuk memastikan pembebasannya. Frerichs berasal dari Lombard, sebuah kota dekat Chicago.

Keluarga Frerichs membela kesepakatan pertukaran tahanan pada hari Senin. “Saudaraku masih hidup dan aman karena Presiden Biden mengambil tindakan. Ada beberapa orang yang menentang kesepakatan yang membawa Mark pulang, tetapi Presiden Biden melakukan apa yang benar. Dia menyelamatkan nyawa seorang veteran Amerika yang tidak bersalah,” kata Cakora dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir beberapa outlet berita AS.