Home Ekonomi Bupati Cek Gudang Pembelian Tembakau, Pastikan Terserap dan Harga Pantas

Bupati Cek Gudang Pembelian Tembakau, Pastikan Terserap dan Harga Pantas

Temanggung, Gatra.com - Bupati Temanggung HM Al Khadziq mendatangi gudang pembelian tembakau perwakilan pabrik rokok Djarum di Pringsurat, dan juga mendatangi gudang pembelian tembakau perwakilan pabrik rokok Gudang Garam di Bulu Temanggung, Jawa Tengah, Senin (19/9).

Ini dilakukan untuk memastikan penyerapan tembakau dari petani di musim panen tahun ini berjalan dengan lancar dan dengan harga jual yang pantas sesuai dengan kualitasnya.

“Meskipun pada musim tahun ini beberapa kali terjadi hujan, namun secara umum kualitas hasil tembakau sesungguhnya cukup baik. Sehingga harga jualnya pun seharusnya juga baik,” ujarnya.

Dikatakan, harga jual saat ini masih belum memenuhi harapan petani, sehingga Bupati meminta kepada pihak industri untuk memperhatikan masalah harga agar sesuai harapan petani, pihak industri diminta memperhatikan nasib petani dan memberikan harga tembakau sesuai harapan petani.

Pihak perwakilan pabrikan menyatakan siap untuk membeli tembakau Temanggung sampai akhir musim nanti, sesuai dengan harapan semua pihak, agar semua tembakau di musim ini dibeli habis oleh pihak industri.

Mereka juga mengemukakan harapan agar cuaca panas terus sehingga kualitas tembakau akan semakin meningkat dan harga jualnya pun akan terangkat.

Beberapa hari lalu, Bupati juga sudah mengunjungi petani-petani tembakau di Gunung Sumbing dan Sindoro. Kala itu para petani menyampaikan kepada Bupati agar industri tembakau Temanggung membeli dengan harga tinggi.

Rambat (60) petani tembakau Desa Glapansari, Kecamatan Parakan, mengatakan, meski hujan turun akhir-akhir ini namun ternyata tidak membuat kualitas tembakau turun. Buktinya kualitas tembakau tetap bagus, sehingga mereka meminta agar harga jual tembakau tetap tinggi.