Home Nasional Jokowi Resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja, Siap Beroperasi!

Jokowi Resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja, Siap Beroperasi!

Jakarta, Gatra.com – Presiden RI Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Cibitung – Cilincing (JTCC) dan Jalan Tol Serpong – Balaraja (JTSB) Seksi 1, pada Selasa (20/9) ini. Jokowi mengatakan bahwa JTCC membentang sepanjang 27,2 km. Sementara itu, JTSB Seksi 1 disebut membentang sepanjang 5,1 km.

Terkait JTCC, Jokowi pun mengatakan bahwa pembangunan jalan tol tersebut merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, yang diharapkan akan rampung pada akhir tahun 2023 mendatang.

"Untuk Jalan Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 27,2 km ini merupakan jalan yang bisa mempercepat utamanya mobilitas barang," kata Jokowi, dalam peresmian kedua jalan tol yang berlangsung di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (20/9).

Lebih lanjut, Jokowi pun mengatakan bahwa dibangunnya JTCC akan dapat mempercepat mobilitas barang, yang utamanya berasal dari sejumlah kawasan industri di Bekasi bagian Utara ataupun barang dari sejumlah kawasan logistik yang ada di Karawang dan Bekasi.

Baca juga: Siap-Siap! Tahun 2045, Indonesia Akan Bangun 17.850 km Jalan Tol Baru

“Untuk Jalan Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 27,2 km ini merupakan jalan yang nanti bisa mempercepat, utamanya mobilitas barang, utamanya barang-barang yang berasal dari kawasan-kawasan industri di Bekasi bagian Utara, dan juga kawasan-kawasan logistik yang ada di Karawang, di Bekasi,” jelas Jokowi.

Ia mengatakan, JTCC nantinya dapat mempercepat proses pengantaran barang-barang tersebut ke sejumlah pelabuhan di Jakarta Utara. Kecepatan tersebut, kata Jokowi, akan mempermudah mobilitas barang, sehingga daya saing Indonesia dalam konteks ekspor pun akan turut meningkat.

“Kecepatan inilah yang nanti akan mempermudah mobilitas barang, dan tentu saja dengan kecepatan itu akan memperkuat daya saing produk-produk Indonesia, yang akan diekspor,” ujarnya.

Di samping itu, Jokowi mengatakan bahwa JTSB Sesi 1 merupakan bagian dari awal pembangunan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 3. Dengan demikian, perjalanan dari Barat ke Timur Jakarta, dan sebaliknya, dapat dilakukan tanpa perlu melalui tengah Jakarta, setelah pembangunan JORR 2 dan JORR 3 dirampungkan. Hal itu pun nantinya dapat mengurangi kemacetan.

“Kalau JORR 2 (dan) JORR 3 selesai, dari Barat ke Timur, dari Timur ke Barat, tidak usah melalui tengah Jakarta. Ini yang akan mengurangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta,” kata Jokowi.