Home Olahraga Derya Cebecioglu, Andalan Turki dari Lini Belakang

Derya Cebecioglu, Andalan Turki dari Lini Belakang

Arnhem, Gatra.com - Timnas voli Turki akan ikut berpartisipasi dalam Volleyball Women's World Championship 2022. Kejuaraan dunia ini akan berlangsung 23 September hingga 15 Oktober 2022 di Belanda dan Polandia.

Derya Cebecioglu menjadi salah satu pemain yang akan dibawa Turki ke ajang tersebut. Sebagai salah satu tim papan atas, Turki tentu ingin memaksimalkan semua potensi pemainnya untuk menjadi juara di kompetisi ini.

Baca Juga: Brasil di Posisi Pertama, Ini 10 Besar Rangking FIFA

Di ajang Volleyball Nations League (VNL) Juli lalu, Turki dan Derya yang ikut dalam tim, hanya mampu melaju ke babak semifinal. Italia menjadi pemenang, meski babak final berlangsung di Turki.

Berposisi sebagai Outsider Hitter, Derya memang menjadi salah satu andalan Turki untuk mendulang poin. Memiliki tinggi badan 182 cm, Derya kerap menyumbang poin, meski dari lini belakang.

Pemain kelahiran 24 Oktober 2000 ini sudah memberi bukti saat ikut serta dalam U20 World Championship 2019. Di ajang itu, Derya menjadi Best Score. Setahun sebelumnya di ajang U20 European Championship 2018, Derya terpilih sebagai Best Outside Hitter.

Baca Juga: Vlahovic Masih Seret Gol, Nasib Allegri di Ujung Tanduk

Saat ini membela klub Turki, VakifBank. Tim ini merupakan tim akademi Derya saat memulai bola voli pada usia 14 tahun. Bersama VakifBank, Derya ikut memenangkan juara di Kejuaraan Bintang Turki.

Volleyball Women's World Championship tahun ini merupakan edisi ke-19 yang untuk pertama kalinya, akan diselenggarakan bersama oleh dua negara. Ini juga akan menjadi pertama kalinya Belanda dan Polandia menyambut kompetisi andalan bola voli internasional untuk wanita.

Lima dari tujuh negara yang pernah menjad juara dalam 18 edisi pertama turnamen akan ikut bersaing di Belanda dan Polandia ini. Masing-masing Jepang, China, Italia, Amerika Serikat, dan Serbia.