Home Olahraga Gelar Kejuaraan Manusia Besi Dunia, Polda NTB Siapkan Rekayasa Lalulintas

Gelar Kejuaraan Manusia Besi Dunia, Polda NTB Siapkan Rekayasa Lalulintas

Mataram, Gatra.com - Selama Covid-19 berbagai event dunia gagal digelar, termasuk kejuaraan Triathlon Ironman 70.3. Event olahraga yang seringkali disebut kejuaran manusia besi dunia ini sempat tertunda dua tahun. Namun, kali ini bakal digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 8 Oktober 2022 mendatang.

Sebelumnya, ajang bergengsi ini seharusnya berlangsung pada Juli 2020 silam. Kemudian diundur menjadi Juli 2021, lalu dijadwal ulang lagi pada Juli 2022, hingga akhirnya benar-benar baru bisa digelar pada 8 Oktober nanti.

Terkait hal ini Direktorat Lalu Lintas Polda NTB telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengamankan event tersebut.

"Saat pelaksanaan nanti, akan banyak ruas jalan yang akan ditutup dan dialihkan arusnya, guna memperlancar kejuaraan tersebut,” kata Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo, dalam keterangannya Kamis (22/9).

Dikatakannya, terutama jalur Senggigi menuju Pemenang Lombok Utara, untuk sementara jalur tersebut akan dialihkan ke Pusuk, kecuali untuk warga sekitar. Pihak Direktorat Lalu Lintas Polda sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk perhelatan tersebut.

Sementara untuk jalur di luar Senggigi, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Satlantas yang ada di Polres Jajaran Polda NTB untuk pengaturan lalu lintasnya. Jalur yang akan ditempuh oleh peserta Ironmen ini, dari Senggigi menuju Batujai, melawati jalan lingkar selatan menuju By Pass BIL.

“Pada saat pelaksanaannya nanti, Dirlantas Polda NTB meminta maklum dari warga, sebab akan banyak pengaturan lalu lintas saat itu, dan juga banyak penutupan jalan juga. Seperti jalur Praya Mataram, saat itu, kendaraan akan dialihkan ke jalur bengkel menuju Kediri langsung ke Praya,” jelas dia.

Ia juga menambahkan, begitu juga sebaliknya, kendaraan dari arah bandara akan dialihkan menuju jalur Praya untuk ke Mataram. Personel yang akan diterjunkan jumlahnya ratusan, baik dari anggota lalu lintas sendiri, maupun dari stakeholder terkait lainnya.

Tidak hanya itu, ada juga dari pam swakarsa yang akan ikut membantu pengamanan jalannya evnent tersbut. Selain itu dia juga berharap, keamanan yang ada di Hotel, Losmen atau yang lainnya untuk ikut melakukan pengamanan.

Setiap gang dan jalan yang akan dilalui peserta, pihaknya juga sudah menghitungnya, akan ada anggota yang ditempatkan.

"Kita akan tempati personel pada setiap pertigaan gang atau jalan yang akan dilalui peserta. Jika gang itu kecil kita akan tempatkan satu anggota, jika besar dua anggota," terangnya.