Home Pendidikan Revolusi Pendidikan dari Daerah, GFTA Pertemukan Komunitas Lokal dan Penyedia Sumber Daya

Revolusi Pendidikan dari Daerah, GFTA Pertemukan Komunitas Lokal dan Penyedia Sumber Daya

Bali, Gatra.com - Sistem pendidikan formal dengan kebutuhan generasi masa depan masih mengalami kesenjangan. Untuk itu, Pijar Foundation dan EdHeroes Asia berupaya mengatasi kondisi ini melalui Global Future Talent Alliance (GFTA), sebuah ekosistem berbagi sumber daya untuk revolusi pendidikan.

Sejak diluncurkan Juni 2022 lalu, GFTA menggelar rangkaian roadshow ke berbagai daerah dan menghubungkan berbagai komunitas dan penyedia sumber daya. Pada Jumat (23/9) ini, agenda roadshow perdana dihelat di Jimbaran, Bali, lewat acara “Talent in Focus: How to Find Life Purpose Through Learning”.

GFTA menyoroti pentingnya akselerasi proses belajar formal dan non-formal dalam pembentukan karakter dan pribadi seseorang, serta memperlihatkan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari.

Dalam sesi panel, Ketua Forum Nasional Corporate Social Responsibility Nasional sekaligus Ketua PMO Kedaireka, Mahir Bayasut, mendukung penuh GFTA. Hal ini lantaran sejalan dengan momentum reformasi sistem pendidikan yang digelorakan Kemendikbud Ristek.

“Saya berharap GFTA dapat membantu perguruan tinggi serta institusi pendidikan lainnya, dari Sabang hingga Merauke, agar lebih berani berinovasi serta memberikan manfaat nyata bagi generasi talenta masa depan,” ujar Mahir dalam keterangan tertulis.

Adapun Project Chairwoman EdHeroes Asia, Farhannisa Nasution, berharap dimulainya rangkaian roadshow GFTA menjadi langkah awal yang baik dan positif terhadap dunia pendidikan. “Hingga akhir tahun 2023, GFTA berencana mendukung 25 inisiatif reformasi pendidikan di Indonesia dan level global,” kata dia.

Sesi panel ini juga menghadirkan sejumlah tokoh pendidikan dan pimpinan komunitas lokal dari Bali, Caring Community (BCC) dan Literasipedia. Keduanya memiliki rekam jejak yang konsisten di bidang pendidikan, sosial, dan kebudayaan di Pulau Dewata ini.

Sejalan dengan semangat GFTA sebagai ekosistem berbagi sumber daya, roadshow GFTA Bali ini pun memfasilitasi project matchmaking antara 15 komunitas lokal dengan calon penyedia sumber daya (resource provider).

Setelah roadshow di Bali, GFTA akan mengadakan serangkaian acara dan forum pendidikan di berbagai kota di Indonesia, seperti Solo, Jakarta, Medan, Surabaya, Bandung, dan Makassar.