Home Pendidikan Video Animasi Jadi Strategi Tumbuhkan Budaya Literasi Anak

Video Animasi Jadi Strategi Tumbuhkan Budaya Literasi Anak

Jakarta, Gatra.com - Pengembangan dan penumbuhan budaya literasi pada anak-anak menjadi komitmen Kemendikbudristek. Salah satu upaya memaksimalkan literasi tersebut, kini Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), meluncurkan Video Animasi Pembelajaran Literasi Numerasi.

Animasi tersebut berkutat pada cerita petualangan karakter Glen dan Bina, Bersama Cican. Kepala Badan Bahasa E. Aminudin Aziz, bercerita bahwa konsep video animasi akan menggabungkan antara cerita petualangan, belajar literasi numerasi, serta bernyanyi bersama.

"Dengan demikian, video animasi ini menarik bagi anak, mampu melatih kognitif anak, menambah pengetahuan anak, dan mampu mengajarkan nilai budi pekerti kepada anak tanpa harus mendikte anak,” ujar Aminudin di sela-sela peluncuran di Jakarta, Sabtu (24/9).

Aminudin berpandangan, Badan Bahasa perlu dan penting membuat bahan penguatan literasi bagi anak dalam bentuk video animasi karena penumbuhan dan pengembangan budaya literasi numerasi (terutama pada anak usia dini) akan lebih mudah dilakukan melalui media audio visual yang menarik.

“Kami berharap video animasi pembelajaran literasi numerasi ini dapat diterima dengan baik oleh anak-anak dan para orang tua di Indonesia. Dengan demikian, budaya literasi anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,” tuturnya.

Selain itu, upaya ini juga jadi peran aktif Kementerian dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia, terutama pada anak-anak usia sekolah, dengan cara melakukan penyusunan bahan penguatan literasi setiap tahun, baik dalam bentuk buku cetak maupun digital.

"Oleh karena itu, penting untuk menyediakan fasilitas literasi yang beragam sesuai dengan minat, kebutuhan, teknik belajar anak," bebernya.