Home Ekonomi Hebat! Mahasiswa Psikologi UMK Sukses Bikin Masker dari Buah Parijoto

Hebat! Mahasiswa Psikologi UMK Sukses Bikin Masker dari Buah Parijoto

Kudus, Gatra.com - Mahasiswa Fakultas Psikologi, Universitas Muria Kudus (UMK) sukses membuat masker kecantikan dari buah parijoto. Inovasi tersebut, diberi nama Macan Murio akronim dari Masker Muria Parijoto.

Inovasi yang lahir dari tangan kreatif mahasiswa inipun diikutsertakan dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K).

PKM-K yang didampingi langsung oleh Dosen Fakultas Psikologi Mohammad Khasan ini, diketuai Feri Ariyanto dengan anggota Kevin Indra Fata, Fredi Bagus Maulana, Akhmad Ferdiansyah, dan Anes Eka Sari.

Dosen Pendamping, Mohammad Khasan mengatakan, keunikan Macan Murio dengan produk olahan parijoto lainnya adalah, biasanya tumbuhan ini hanya dijual dalam keadaan masih berupa buah segar. Selain dijual dalam bentuk olahan makanan dan minuman.

"Sedangkan produk masker kecantikan Macan Murio hadir sebagai inovasi baru. Kondisi inilah yang menjadikan peluang bisnis produk Macan Murio," ujarnya, Senin (26/9).

Sementara itu, Feri Ariyanto mengungkapkan jika buah parijoto saat ini belum terlalu terekspos hasil olahannya. Sehingga mahasiswa Psikologi UMK ini tergerak untuk menciptakan produk turunan buah Parijoto, agar mampu mendongkrak ekonomi petani parijoto.

"Berdasarkan hasil observasi yang telah kami lakukan pada wilayah kota Kudus, khususnya di Pegunungan Muria, rata-rata buah parijoto masih dikembangkan olahan seperti sirup kripik, dan permen saja," ungkapnya.

Padahal, lanjut Feri, kandungan yang terdapat pada buah parijoto jelas berkhasiat untuk merawat kulit. Dengan adanya temuan ini, pihaknya berusaha mencari formulasi yang cocok untuk dijadikan bahan masker kecantikan.

"Kami berusaha membuat produk perawatan dari bahan dasar parijoto. Terlebih tumbuhan ini, merupakan tanaman lokal yang tumbuh di Desa Colo (Kudus). Sehingga lahirlah masker kecantikan Macan Murio," terangnya.

Feri menjelaskan, masker kecantikan Macan Murio sangat berpeluang untuk dijadikan bisnis yang menjanjikan. Dibandingkan, produk olahan lain yang selama ini beredar di pasaran.

"Karena buah parijoto mempunyai kandungan senyawa yang baik bagi tubuh seperti tanin, saponin, flavonoid, dan glikosida. Sebagai antioksidan, obat bagi jerawat, dan juga menjaga kestabilan minyak pada wajah. Sehingga sangat pas dijadikan masker kecantikan," bebernya.

93