Home Internasional Wakil Presiden AS Akan Kunjung Zona DMZ Korut-Korsel

Wakil Presiden AS Akan Kunjung Zona DMZ Korut-Korsel

Tokyo, Gatra.com - Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, akan mengunjungi zona demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan Korea Utara dan Selatan pada Kamis, Informasi tersebut didasari oleh keterangan dari pejabat AS dan Korea Selatan.

Dilansir Reuters, Kunjungan tersebut diumumkan pada hari Selasa oleh Perdana Menteri Korea Selatan, Han Duck-soo, selama pertemuan dengan Harris di Tokyo dan kemudian dikonfirmasi oleh seorang pejabat AS. Harris diketahui berada di wilayah tersebut untuk memimpin delegasi presiden AS ke pemakaman mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada hari Selasa.

"Hampir 70 tahun sejak Gencatan Senjata Korea, kunjungan itu akan menggarisbawahi kekuatan" dari "aliansi" antara Seoul dan Washington "dalam menghadapi setiap ancaman yang ditimbulkan," oleh Korea Utara, kata pejabat AS.

Pejabat yang meminta untuk tidak disebutkan namanya itu pun membahas perjalanan yang belum diumumkan secara resmi oleh Harris.

Harris akan mengunjungi DMZ, bertemu dengan anggota layanan, menerima pengarahan operasional dari komandan AS, merenungkan pengorbanan bersama tentara Amerika dan Korea Selatan dan menegaskan kembali komitmen "kuat" untuk keamanan Korea Selatan, pejabat itu menambahkan.

38