Home Regional Berstatus PTNBH, UNS Akan Pilih Rektor dengan Mekanisme Baru

Berstatus PTNBH, UNS Akan Pilih Rektor dengan Mekanisme Baru

Solo, Gatra.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) akan menggelar pemilihan rektor baru. Dengan statusnya yang baru sebagai perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH), UNS akan melakukan pemilihan rektor dengan mekanisme baru.

”Kelembagaan PTNBH memperkenalkan mekanisme pemilihan rektor yang berbeda dengan masa-masa sebelumnya. Dengan aturan terbaru, MWA (Majelis Wali Amanat) merupakan organ tertinggi yang mengangkat dan memberhentikan rektor,” kata Ketua MWA Hadi Tjahjanto dalam jumpa pers secara daring, Selasa (27/9). 

Ketentuan ini diatur melalui PP Nomor 56 Tahun 2020 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Aturan ini antara lain mengamanatkan ketentuan mengenai rektor yang diatur oleh MWA.

”Untuk melaksanakannya (pemilihan rektor), MWA telah mempersiapkan perangkat hukum sesuai mekanisme yang berlaku,” katanya yang juga merupakan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Untuk pemilihan rektor ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) juga dilibatkan. Keterlibatannya diatur dalam Peraturan MWA. "Bisa hadir dalam pleno, penjaringan, dan memiliki suara 35 persen,” katanya.

Pemilihan ini akan melibatkan tiga organ di UNS, yakni senat akademik, pimpinan, dan dewan profesor. Sementara itu, mahasiswa juga akan dilibatkan. ”Ada satu perwakilan mahasiswa yang terlibat dalam MWA ini sendiri,” katanya.

Sekretaris Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) Soeprayitno, menambahkan ada pekerjaan besar dalam pemilihan rektor ini, yakni komunikasi dan informasi. Tugasnya membuat rencana sosialisasi sejak penjaringan hingga pemilihan.

Dalam proses ini, mahasiswa dilibatkan mulai dari tahapan administrasi, perlengkapan syarat bakal calon, hingga mendukung penjaringan calon rektor sampai selesai.

”Mereka dilibatkan dari planning, doing, hingga controlling. Setidaknya aspirasi mereka tersalurkan melalui BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa),” katanya.

70